Senin, 23 Juli 2012

Perbandingan Tiga Direktori Usaha Kecil Menengah


Wiku pernah menuliskan opininya tentang peluang yang terbuka lebar untuk membantu Usaha Kecil dan Menengah (UKM). Dalam opini tersebut, dikatakannya bahwa meskipun pengetahuan pemilik UKM tentang internet makin meningkat, peluang untuk mengembangkan usaha sekaligus membantu pemilik UKM untuk mengembangkan bisnisnya tetap terbuka lebar.

Hal ini bisa jadi ada benarnya, karena sampai sekarang, model bisnis semacam ini terus bermunculan. Ketika melakukan googling dengan keyword “Direktori UKM” saya menemukan banyak website yang membuat direktori UKM, baik yang sudah ada sejak lama, maupun yang baru muncul. Tetapi menurut saya, hanya ada 3 website yang layak disebut dalam memberikan layanan listing kepada UKM di Indonesia. Ketiga website tersebut adalah Promo UKM, Bisnis UKM (beta) dan PlazaID.

Ini memang belum sesuai dengan harapan Wiku saat itu untuk memberikan layanan yang sifatnya berbeda dan menggabungkan dua atau lebih layanan yang telah ada. Ketiga direktori tersebut masih hanya sebagai wadah untuk menjadi tempat mempromosikan produk dan jasa yang dihasilkan oleh UKM. Setidaknya, itu bisa membantu UKM untuk bertemu dengan calon pelanggannya. Mari kita coba bandingkan ketiganya berdasarkan beberapa penilaian berikut.

Tampilan

Dari sisi tampilan, saya paling suka dengan tampilan Bisnis UKM. Tampilannya enak dipandang dan gampang mencari fitur yang kita butuhkan. Di kanan, kita mendapatkan tautan untuk mencari bisnis UKM berdasarkan kategorinya, sedangkan di kiri, terdapat tautan untuk mencari bisnis UKM berdasarkan lokasi provinsinya. Kedua daftar tersebut diurutkan berdasarkan jumlah listing di dalamnya dari yang paling banyak. Di kolom tengah, tampil hasil pencarian iklan berdasarkan kategori/wilayah yang Anda pilih tadi. PlazaID tampilan depannya memang bagus, tetapi ketika kita membuka direktorinya, tampilannya terasa kering. Sedangkan Promo UKM menurut saya mempunyai masalah dengan penempatan iklannya yang terasa menganggu.

Fitur

Bisnis UKM bisa dibilang mempunyai fitur paling lengkap. Bisnis UKM menyediakan forum, video, juga fitur iklan premium. Tetapi mereka melupakan satu hal penting, fasilitas pencarian. Ini bagi saya sebuah blunder fatal karena fitur ini harusnya merupakan fitur utama dalam suatu direktori. PlazaID, selain menawarkan wadah untuk berpromosi, juga menawarkan website gratis untuk profil UKM. Fitur-fitur standar lain ada di ketiga website tersebut.

Search Engine Optimization

Salah satu yang fitur yang juga penting untuk website seperti ini adalah search engine optimization. Untuk membandingkan ketiganya, tanpa login akun Google, saya langsung saja melakukan googling dengan keyword yang berkaitan. Dengan keyword “direktori UKM”, Promo UKM dan Bisnis UKM ada di halaman pertama, sedangkan PlazaID ada di halaman kedua. Sedangkan untuk keyword “UKM makanan minuman” (kategori yang saya temukan dalam ketiga direktori), Bisnis UKM ada di halaman pertama, Promo UKM di halaman kedua, sedangkan PlazaID baru muncul di halaman kelima.

Karena masih penasaran, saya mencoba satu keyword lagi, “UKM Jawa Timur”. Hasilnya, Promo UKM ada di halaman pertama, Bisnis UKM ada di halaman keempat, sedangkan PlazaID belum muncul pada lima halaman pertama hasil pencarian.



Ini hanyalah tes kecil untuk menguji ketiga direktori UKM. Anda perlu melakukan lebih daripada yang saya lakukan untuk mengetahui mana yang terbaik dari tiga direktori atau bahkan dari semua direktori UKM yang ada. Selain memilih salah satu, jika Anda adalah pemilik UKM, Anda mungkin saja memilih semuanya, yaitu mendaftar di semua direktori UKM agar peluang usaha Anda ditemukan ohttp://www.blogger.com/img/blank.gifleh pengguna semakin besar. Tetapi tentunya Anda juga harus selalu melakukan pemeliharaan di semua direktori yang diikuti, terutama jika ada pembaruan yang berkaitan dengan info UKM Anda.

Selain dengan direktori UKM seperti ini, pemilik UKM bisa memanfaatkan tawaran Google untuk membuat website gratis untuk UKM. Pada Januari lalu, Google bekerja sama dengan berbagai pihak meluncurkan “Bisnis Go Online” untuk membantu 100 ribu UKM untuk mengembangkan bisnisnya secara online. Informasi selengkapnya tentang tawaran ini bisa Anda lihat di halaman ini.

Sumber : Daily social

1 komentar: