Jumat, 12 Agustus 2011

Peluang Usaha Bengkel Sepeda


Meskipun anda bukan seorang yang gemar sepeda, tetapi tentunya tahu donk sekarang ini pemerintah dan masyarakat sedang mengalakkan kesadaran masyarakat untuk menggunakan sepeda, yang mana program ini disebut "Bike to Work"

Memang sepeda adalah salah satu hobi yang saat ini trend nya sedang naik. Banyak sekali komunitas sepeda, bahkan di tv sering kita jumpai acara bertema sepeda seperti acara gowes dsb..


Sebenarnya hal ini juga merupakan peluang bagi kita, kita bisa memanfaatkan trend sepeda ini dengan membuat bengkel sepeda, saya sendiri sudah lama memikirkan hal ini dan belum sempat action.

Berikut ini beberapa pemikiran / ide saya tentang bengkel sepeda :

Saran untuk cepat maju :
Sebaiknya anda yang berminat untuk memulai usaha ini juga memiliki hobi sepeda, bergabunglah dengan kelompok / club2 di kota anda.
perbanyaklah informasi sparepart, dsb tentang dunia sepeda, ini bisa dilakukan dengan rajin mengunjungi www.sepedaku.com dan web lain yang membahas sepeda.
Gunakan karyawan, di daerah saya orang yang ahli reparasi sepeda mau digaji dengan hanya 600rb-1jt/ bln nya, jam kerja 08.00-16.00
Diatas saya jelaskan untuk memakai karyawan kenapa? iya lah, disini kita kan belajar menjadi pemilik usaha, berarti sebagai bos/owner, masa bos mengerjakan semuanya sendiri.. :)
Selain itu dengan adanya karyawan tentunya anda tidak perlu meninggalkan pekerjaan anda.

Pemilihan tempat
Untuk tempat, usaha jenis ini, meskipun dilakukan di rumah bisa ramai juga kok, asalkan anda rajin rajin bergaul dengan komunitas sepeda, jadi dimanapun tempat anda, pasti didatangi juga. dengan kelebihan seperti ini, anda bisa memulai usaha ini dari rumah anda sendiri, di garasi rumah anda juga bisa.

Potensi keuntungan
Berdasarkan pengalaman saya sendiri (saya juga penghobi sepeda lo... hehehe.. ), setiap saya ke bengkel sepeda buat perbaiki apa gitu pasti keluar uang minimal Rp 10.000,- itupun pekerjaan yang ringan lo, seperti setel rem misalnya. sedangkan pengerjaannya tidak lebih dari 10 menit saja.

Potensi pengembangan
Selain sebagai bengkel, anda juga bisa sebagai perantara jual beli sparepart, karena berdasar pengalaman saya, misalnya saya beli shock / fork, maka fork lama yang sudah tidak saya pakai pasti saya jual, nah anda bisa menangkap kesempatan ini dengan menyewakan papan yang berisi iklan iklan jualan barang bekas dsb.. jadi orang yang mau menjual sparepart bekasnya silahkan menulis di papan iklan anda, lalu anda kenakan biaya 5rb misalnya.

Juga anda bisa menjual jasa online, jadi supaya cepat terjual anda bisa mengiklankan juga di internet, cepat kok lakunya, dan tentunya anda dapat fee dong dari penjualnya.. :)
Ada juga peluang untuk mencarikan barang, jadi misalnya ada klien yang ingin membeli sparepart apa gitu, anda bisa mencarikannya di internet, di internet semuanya ada kok. karena pengalaman saya, mencari sparepart sepeda itu jika secara offline agak sulit, apalagi jika anda berada di daerah/kota kecil.

Masih banyak lagi kok potensi lainnya.
Oke, saya sudah menyampaikan ide mentah nya, sekarang giliran anda yang mengembangkannya.. :)

Mari kita berbagi informasi jika anda ada ide atau saran lagi..

Sumber :Peluang Usaha

2 komentar:

  1. salah satu untuk membuat usaha adalah TAKE ACTION...Salat buat http://programukm.blogspot.com/ yang selalu memposting ide-ide kreatif dan aneh2 yang sangat prospek...:)

    BalasHapus
  2. Blog ini dibuatkan untuk membantu kawan-kawan yang membutuhkan ide usaha dengan modal yang kecil dan juga keahlian khusus. Dan juga untuk mengembangkan jiwa wira usaha dari kawan-kawan yang masih bekerja untuk membuka usaha sambilan.

    BalasHapus