Senin, 11 Juni 2012

Event-Event Penting Utk Meningkatkan Penjualan


Ada banyak faktor yang mempengaruhi penjualan yaitu 4P (Marketing Mix : Price, Place, Promotion, Product. Pengusaha diharapkan bisa menerapkan marketing mix (bauran penjualan) dimana :
1. Barang yang dijual sesuai dengan target pasar
2. Dijual dengan harga yang bersaing
3. Dijual pada tempat & waktu yang tepat
4. Menggunakan alat promosi yang sesuai

Tempat dan waktu yang tepat ini bisa dicontohkan dengan memanfaatkan event-event yang banyak diadakan di sekitar kita. Event ini kita kaitkan dengan produk barang/jasa yang bisa dijual dengan hasil yang sangat baik.
1. Liburan Sekolah, produknya Alat tulis kantor, buku pelajaran, seragam sekolah, tempat hiburan anak, tour & travel, jajanan, antar jemput anak sekolah
2. Bulan Puasa & Lebaran, produknya buku-buku Islam, kurma, kolak & sirop, pakaian muslim, perlengkapan ibadah, jasa penyimpanan sandal, semir sepatu, kue kering, parsel, bunga/florist, jual pulsa/voucher, sepatu/sandal, bengkel & asesoris kendaraan, warung makanan/jajanan
3. Tahun Baru, produknya tempat hiburan, aneka produk, asesoris pohon natal
4. World Cup/Euro Cup, produknya perlengkapan sepak bola, stiker, makanan/minuman untuk nonton bareng, Poster Jadwal Pertandingan
5. Jakarta Fair,Tebet Fair, Jl Jaksa Fair dll, untuk aneka produk/jasa
6. Film yg lagi Nge-Trend/Top, Upin Ipin, Si Madun --> kaos
7. Ujian PTN, Ujian Nasional, produknya Buku Soal Jawab, Alat tulis
8. Saat gajian Pabrik/Pensiunan di Kantor Pos/Bank, produknya pakaian, makanan/minuman, aneka produk
9. Minggu Pagi di Lapangan Olah Raga, produknya Bubur Ayam, Ketupat Sayur, Kaos Olah Raga
10.Pekan Olah Raga/Porda/Jakarta 10K, produknya makanan, alat olahraga, souvenir
11. Sholat Jumat, produknya peralatan ibadah, pakaian muslim, buku-buku Islam, obat herbal, sandal/sepatu, stiker

Dengan berpartisipasi aktif di event-event penting tersebut diharapkan bisa meningkatkan penjualan secara signifikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar