Selasa, 03 April 2012

Peluang Usaha & Makanan Ringan


Kita sering melihat pegawai kantoran yang berangkat kerja pagi-pagi sekali, atau karyawan-karyawan pabrik yang bergantian datang karena system kerja sift, jika mereka kita tanya apakah sempat sarapan pagi ?

Kemungkinan besar jawabannya adalah ada yang sempat ada yang tidak, nah ini menjadi peluang usaha tersendiri yang bisa di masuki untuk menyediakan sarapan pagi bagi mereka yang belum sempat sarapan berupa makanan ringan dan kue. Usaha kue dan makanan ringan juga termasuk usaha rumahan modal kecil sebab hanya denagn ratusan ribu rupiah anda sudah bisa menjalankannya. Jika anda berminat menekuninya, maka pertama kali yang perlu anda lakukan adalah melakukan riset kecil-kecilan, misalnya lokasi mana yang paling sering di lalui oleh para karyawan maupun para pegawai.

Setelah itu buatlah beberapa paket makanan ringan, misalnya beberapa paket dari roti kering atau kue basah dan juga jajanan pasar dengan macam macam rasa, misalnya manis asin, manis gurih, dan lain-lain.

Setelah anda persiapkan paket-paket makanan ringan dan kue dengan segala fariasinya, kemudian bungkuslah paket-paket tadi dengan rapi dan ringkas agar mudah di masukkan tas atau di bawa ke tempat-tempat kerja.

Tentukan harga beragam dari bungkusan kue dan makanan ringan yang telah anda buat tadi, mulai dari harga Rp 2000 Rp 3000 hingga Rp 5000. Agar dagangan anda terlihat lebih professional dan lebih menarik, bungkuslah jajanan anda dengan kemasan yang semenarik mungkin, di lengkapi dengan nama usaha anda, no telpon, label halal dan sebagainya.

Buatlah poster yang menarik pembeli di dekat tempat anda jualan dengan kata-kata provokatif misalnya, “ ANDA BELUM SEMPAT SARAPAN ? MAMPIR DULU DI SINI “ atau “ DI SINI TERSEDIA PAKET HEMAT DAN PRAKTIS PENGGANTI SARAPAN ANDA “ dan sebagainya, sehingga para pembeli tertarik untuk mencoba, anda bisa mengmbangkan kreatifitas anda tentang hal ini.

Jika anda merasa tidak ahli membuat kue atau makanan ringan anda tak usah pesimis, sebab hal ini bisa di atasi dengan cara membeli kue dan makanan ringan dari toko penjual kue dan makanan ringan, anda tinggal mencari informasi tentang toko penjual kue murah yang meleyani tengkulak sehingga bisa didapatkan dengan harga murah.

Berikut ini analisis usaha kue dan makanan ringan :

Asumsi 1 boks Rp 5000 dengan yang di dalamnya berisikan donat, lemper, pisang goreng + segelas air mineral.

Biaya operasional :
Air mineral I kardus isi 48 buah Rp 13.000

Boks / kotak kemasan Rp 15.000

Poater atau brosur Rp 30.000

Transportasi dll Rp 20.000

Belanja aneka kue Rp 100.000

Total Rp 178.000


Keuntungan dan Pendapatan perhari.
48 boks x @ Rp 5000 _ Rp 240.000

Ke untungan = hasil pendapatan _ biaya operasional

= Rp 240.000 _ Rp 178.000

= Rp 63.000 per hari.

Lumayan kan ? jika penjualan anda melebihi analisis di atas, tentu pendapatan anda menjadi lebih besar. Anda Tertarik ? di coba saja ….!!!

Sumber : peluang usaha

1 komentar: