Senin, 09 April 2012

Blog Marketing Untuk Usaha Kecil & Menengah


Blog marketing akan membawa banyak manfaat bagi usaha kecil menengah. Blog marketing adalah salah satu taktik marketing yang bisa dilakukan dengan relatif murah. Apalagi, jika blog yang dibuat teroptimasi dengan baik sehingga bisa menghasilkan ribuan kunjungan per hari dari search engine secara gratis.
Jelas, ribuan kunjungan per hari, akan sangat berarti bagi UKM. Jika harus menyebarkan brosur, berapa ribu brosur harus dicetak setiap hari? Berapa biayanya? Jika Anda pernah membuat brosur, Anda pasti sudah bisa menghitung berapa biaya pembuatan brosur profesional.
Bukan berarti Anda harus meninggalkan taktik pemasaran lain. Blog marketing atau pemasaran dengan blog bisa diintegrasikan dengan strategi dan taktik pemasaran lainnya. Blog bisa digunakan untuk memposisikan produk atau diri Anda, blog bisa digunakan untuk menjual, membangun database prospek, dan sebagainya sejalan dengan strategi dan taktik.
Manfaat Blog Marketing Bagi UKM

Komunikasi

Kuncinya adalah blog sebagai alat komunikasi dengan pelanggan. Blog marketing akan memudahkan perusahaan Anda berkomunikasi dengan pelanggan atau calon pelanggan untuk memperkuat taktik marketing Anda.
Blog Marketing Untuk Menarik Calon Pembeli

Blog Anda akan percuma jika tidak ada pengunjung. Jadi, salah satu aspek penting dalam blog marketing adalah menjadikan blog Anda banyak dikunjungi. Komunikasi akan terjadi jika ada pengunjung ke blog Anda.
Menjual dengan Blog

Anda bisa menceritakan manfaat dan fitur produk atau jasa Anda di blog agar pembaca bisa mengetahuinya dengan cara membaca dan memberikan feedback untuk Anda, Feedback ini tentu akan sangat bermanfaat untuk kemajuan Anda.
Namun bukan hanya feedback yang Anda dapatkan, dengan menceritakan fitur dan manfaat, pembaca blog Anda bisa tertarik untuk membeli produk dan jasa Anda.
Bisa Menjangkau Pelanggan yang Jauh

Salah satu keunggulan teknologi internet adalah bisa diakses dari mana saja selama ada akses internet. Semantara akses internet saat ini semakin luas, kampung atau desa pun mulai tersentuh internet yang menjadikan blog marketing semakin penting.
Penopang Social Media Marketing

Saya bisa membangun sebuah halaman facebook yang merupakan salah satu pemasaran social media dan berhasil mengumpulkan 60.000 dan 100.000 lebih anggota (saat ini). Bagaimana caranya? Sangat didukung oleh blog marketing. Karena blog saya sangat tinggi kunjungannya, maka saya bisa menangkap banyak pengunjung untuk bergabung dengan halaman facebook saya.
Pertanyaan Untuk Anda

Sudahkah Anda punya blog?

Jika belum, maka saatnya Anda membuat blog.
Sudahkah Blog Anda Banyak Pengunjungnya?

Lihat statistik hosting Anda, berapa banyak pengunjung yang datang ke blog Anda?
Coba cek di google. Jika seseorang mencari produk yang Anda jual, apakah blog atau website Anda yang muncul di halaman pertama google? Jika muncul di halaman 2, 3, dan seterusnya, peluang mendapatkan kunjungan akan semakin kecil. Blog akan menjadikan website atau produk Anda mudah ditemukan di internet.
Blog Seperti Apa Yang Harus Anda Buat?

Banyak yang beranggapan, blog itu adalah blogspot atau wordpress.com (yang gratisan). Kedua situs ini hanya sebagian kecil jasa gratis yang menyediakan blog. Namun blog lebih luas. Website yang sedang Anda baca ini adalah sebuah blog. Jadi blog itu bisa menggunakan domain sendiri dengan berbagai macam engine (software).
Berikut adalah 3 kriteria blog untuk blog marketing:
Gunakan domain dan hosting profesional yang berbayar. Ini untuk kredibilitas bisnis Anda. Aneh jika produk Anda hebat, tetapi membayar domain dan hosting saja tidak mampu. Apa pun alasan Anda, pelanggan akan menilai Anda.
Buatlah blog dengan tampilan yang profesional dan sesuai dengan produk dan jasa Anda. Desain akan mempengaruhi tingkat penjualan Anda.
Optimasi SEO (Search engine optimization). Inilah yang menjadikan blog Anda mudah ditemukan di search engine (google, yahoo, dsb). Bukan hanya ditemukan, tetapi dengan optimasi yang baik akan muncul di halaman satu bahkan no urut teratas.
Pertanyaan lagi: jika seseorang mencari produk di internet, apakah website Anda akan muncul atau website/blog saingan Anda?
Jika blog atau website pesaing Anda yang muncul, Anda harus segera bertindak. Lakukan juga blog marketing atau pasar di Internet (baca seluruh dunia) direbut oleh pesaing Anda.
Harus Investasi?

Berapa biaya yang harus Anda keluarkan untuk mendatangkan 1000 kunjungan per hari dengan brosur? Jika konversi brosur 1 banding 1 saja (ini sangat hebat) maka Anda perlu biaya 30.000 brosur per bulan. Berapa biayanya? Bisa mencapai Rp10 juta! per bulan.
Tentu butuh investasi bukan? Begitu juga dengan blog marketing, Anda akan butuh investasi. Kabar baiknya tidak sebesar itu.
Investasi dalam blog marketing meliputi:
Biaya domain dan hosting
Biaya koneksi internet (jika belum ada)
Biaya pembuatan: jasa desain dan optimasi
Tentu saja ada biaya karyawan, tetapi ini sifatnya umum. Jika Anda menyebarkan brosur, ada biaya penyebaran, begitu juga dengan blog ada biaya untuk petugasnya. Jelas bahwa blog marketing lebih murah sehingga bisa meningkatkan ROI bisnis Anda.
Kata Kunci:

usaha kecil menengah blog
membuat blog usaha
membuat blog marketing
blog untuk pemasaran
brosur trik menciptakan usaha kecil
taktik usaha
taktik marketing
Perusahaan jamu jawa dwipa
pemasaran pada perusahaan kecil dan menengah
mendesain blogger untuk marketing
Posts Related to Blog Marketing Untuk Usaha Kecil Menengah

Cara Membuat Blog Agar Produk Anda Mudah Ditemukan

Cara Membuat Blog Itu Mudah, Tapi… Cara membuat blog itu mudah, baik itu blog gratisan maupun blog berbayar. Hanya dalam hitungan menit, Anda sudah bisa …

Sumber : Blog

1 komentar:

  1. yang masih agak sulit di teknik SEOnya aja nih biin mumet... thx infonya sangat membantu bg ane ang masih newbie :)

    salam,
    tidung

    BalasHapus