Jumat, 13 Januari 2012

Blog, Buka 1 Pintu Rezeki di Internet


Dari penerawangan ke berbagai belahan dunia maya. Saya menggeliat gembira. Sumringah melihat antusiasme blogger menjadi ”tangan di atas” melalui blog. Nge-blog tidak melulu menjadi wadah katarsis apalagi anarkis. Tidak! Nge-blog bisa mendatangkan duit. Passive income, kata kawan yang menggilai Robert Kiyosaki.

Luar biasa pertumbuhan blogger di tanah air (apakah masih ada tanah dan air di dunia maya? Hehehe). Bila Pak Ciputra bingung bagaimana menghasilkan 4 % entrepreneur di dunia nyata, agaknya semuanya harus pudar di dunia maya. Hm, para netter, yang blogger, cukup sadar untuk memanfaatkan blognya guna menggali harta karun di internet. Sesadar bahwa mereka telah menyemai entrepreneurship.
Setidaknya kini saya mencoba menginvestigasi modus para blogger dalam memanen rizki di dengan Internet.
Blog yang berisi Tips-Tips (e-book)
Dulu saya sempat tidak ngeh. Rupanya inilah awal mula kejayaan Anne Ahira. Bagaimana ia menuai sukses lewat one page site. Situs yang hanya berisi tulisan warna-warni lengkap dengan font yang beraneka. Contoh: Joko Susilo.
Tapi ada juga yang lebih soft, khas ibu-ibu. :) contoh: Jeng Nad
Online-kan bisnis Anda
Bila anda produsen, anda harus melihat potensi besar Internet. Online-kan bisnis anda. Beberapa nama bahkan merasakan dampak dahsyat ekspansi bisnis online-nya ketimbang saat offline. Anda bisa mengunjungi Roni Yuzirman.
Offline-kan bisnis Anda
Nah, ini kebalikannya. Buat pelatihan atau seminar yang mengangkat kiat meraih sukses melalui Internet contoh: Cosa Aranda atau Nukman Lutfie.
Internet trader.
Ini langkah yang paling bijak bila anda mempunyai sedikit kemampuan dan waktu. Anda bisa menjadi trader, dengan syarat situs anda mampu bertahan dan merengkuh sebanyak mungkin pengunjung.
Contoh: Indonetwork, marketiva.com, valasonline.net
Jualan produk, barang dan jasa lewat internet (e-commerce).
Mereka sungguh-sungguh mengawali bisnisnya dengan internet. Hemat biaya gudang, operasional dan sewa kantor. Contoh: Kutukutubuku.com, Amazon.com, RattanLand.com, Bhinneka.com
Demikian, saya akan menerawang lebih lanjut pada tulisan berikutnya. Ya, meski identifikasi ini tidak sepenuhnya tepat, tapi saya berani mengatakan satu hal: Manfaatkan internet, karena bila tidak, tiada maaf bagimu! :) Nah selanjutnya, seperti apa model bisnis online anda?

Sumber : Bisnis-ukm.blogspot

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar