Senin, 31 Oktober 2011

Sulap Kotoran Gajah Jadi Laba


Kertas disebut-sebut sebagai salah satu penyebab gundulnya hutan di dunia. Hal ini logis mengingat bahan utama pembuatan kertas adalah serat kayu. Namun, sekarang sebenarnya ada solusi ramah lingkungan untuk pembuatan kertas, yaitu dengan bahan baku kotoran hewan.

Adalah Mahima Mehra, seorang wanita asal India yang memfokuskan diri untuk memproduksi kertas dari kotoran gajah. Ini sebenarnya bukan ide baru. Pedagang kertas yang berbasis di Delhi ini telah lama beralih pada kotoran gajah sebagai bahan baku. Dalam memproduksi kertas, dia bermitra dengan Shekhawat Vijayendra.

Keduanya memproduksi kertas dengan merek Haathi Chaap. Gagasan keduanya bermula ketika mereka berkunjung ke benteng Amer di Jaipur. Kala itu mereka melihat kotoran yang ditinggalkan gajah sehabis mengantarkan wisatawan. Dalam pengamatan mereka, ada gumpalan serat pada kotoran gajah.

Hal ini mempunyai kesamaan dengan serat kayu yang digunakan dalam pembuatan kertas. Dari pengamatan mereka, muncul kesimpulan bahwa kotoran gajah berpotensi menjadi bahan baku kertas.

Diperkirakan, kotoran satu ekor gajah di Lampang, Thailand, bisa diolah menjadi 115 lembar kertas tiap hari. Satu gumpal kotoran gajah bisa dibuat lima lembar kertas ukuran besar atau setara 10 lembar kertas ukuran koran. (*/Koran Sindo)

Sumber : Ciputra Entrepreneur

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar