Sabtu, 12 Maret 2011

Usaha Service AC Rumah


Cuaca yang memanas setiap hari dan selalu duduk bekerja dengan adanya ac sehingga ac menjadi kebutuhan setelah sampai di rumah, terutama pada waktu tidur malam.
Muncul pertanyaan, apakah ada peluang pada usaha ini untuk memperoleh keuntungan bagi investor atau pemilik dana, bagaimana memasarkannya, di mana mencari peralatan, dan berapa besar nilai investasi yang dibutuhkan?
Usaha ini memberi nilai tambah dengan cara memberi kenyamanan kepada pemakai ac. Jservice ac yang ditawarkan bisa dikelompokkan ke dalam dua kelompok besar, yaitu perbaikan ac dan perawatan ac. Perbaikan ac, yaitu memperbaiki dengan keahlian yang dimiliki, baik dengan membetulkan bagian tertentu atau mengganti bagian yang rusak dengan yang baru. Perawatan ac, yaitu melakukan perawatan dengan membersihkan ac dan memastikan udara yang dikeluarkan sejuk. Dalam produk ini termasuk mengganti freon ac.
Untuk menjalani usaha ini, pemilik dana harus mempunyai peralatan untuk memperbaiki atau merawat ac dan orang yang punya keahlian memperbaiki ac.
Untuk perawatan atau pembersihan ac dibutuhkan kompresor yang bisa menyemprotkan air untuk membuang kotoran dari ac. Biasanya dibutuhkan dua orang yang sekaligus bekerja membersihkan atau service ac . Sebaiknya kompresor yang dimiliki minimum 2 unit atau 3 unit untuk berjaga bila salah satu unit rusak. Berarti pekerja yang dibutuhkan sebanyak 4 orang, dua orang yang sudah berpengalaman menggunakan kompresor pemompa air dan dua orang sebagai pembantu.
Untuk pembantu bisa berpendidikan lulusan smp dan biasanya belum punya pekerjaan. Upah yang dibayarkan bisa menggunakan upah minimum resmi. Biasanya sekitar rp 1 juta per bulan. Bila ingin lebih terencana, maka bisa dibayarkan upah harian yang besarnya sesuai di daerah tersebut. Bagi pegawai yang mempunyai pengalaman, diberi upah lebih tinggi, minimum rp 1,5 juta per bulan.
Selanjutnya, harus ada seseorang yang menunggu telepon dan bekerja di kantor untuk melayani pesanan konsumen. Sebaiknya pegawai ini harus melayani dengan baik. Pegawai ini sebaiknya juga paham perhitungan (akuntansi) dan administrasi perkantoran, berlatar belakang pendidikan d-3.
Peralatan pelengkap kompresor adalah kabel, ember, dan plastik. Plastik yang lebar sangat dibutuhkan untuk menahan air kotor yang keluar dari ac ketika disemprot agar tidak mengenai dinding.
Biaya menyewa tempat usaha rp 3 juta sampai dengan rp 6 juta dan biaya membeli meja dan kursi sekitar rp 1,5 juta.Tempat usaha harus memiliki telepon minimum satu unit dan tidak boleh dipakai untuk hal lain. Kalau bisa telepon ini hanya menerima pesanan konsumen supaya konsumen percaya pelayanan sangat cepat. Konsumen usaha ini biasanya pemilik rumah di daerah kompleks perumahan. Oleh karenanya, tempat usaha harus dekat dengan kompleks perumahan

Sumber :
Http://cetak.kompas.com
http://kamissore.blogspot.com

1 komentar:

  1. numpang iklan gan...,buat agan-agan yg ingin pasang AC baru ataupun second ,bongkar-pasang ,pindah AC ataupun butuh gambar pemasangan AC ,juga perhitungan PK AC yg dibutuhkan pada suatu ruangan ,kami siap membantu please call 085327897555 ,khusus untuk daerah yogya-klaten-solo dan sekitarnya

    BalasHapus