Rabu, 02 Maret 2011

Menyelesaikan Masalah Bisnis



Menjalankan bisnis kecil artinya akan menghadapi tantangan dan hambatan pada akhirnya. Daripada menyerah kepada tantangan ini, cobalah untuk menganalisa situasi secara positif dan menyelesaikan masalah-masalah yang ada. Dalam artikel ini saya akan menunjukkan bagaimana mengembangkan metode yang masuk akal dan analitikal untuk menyelesaikan masalah bisnis anda dan yang pada akhirnya mengembangkan bisnis anda.

Enam langkah penting yang akan membantu anda untuk mengatasi hambatan-hambatan ini:

Bagian 1

1. Temukan semua akar penyebab masalah yang potensial
2. Kembangkan asumsi untuk kemungkinan akan pokok permasalahan
3. Analisa dan uji asumsi sehingga menemukan pokok permasalahan

Bagian 2

1. Mengembangkan pemecahan yang bermacam-macam untuk menyelesaikan masalah
2. Memprioritaskan tindakan
3. Mengembangkan rencana implementasi

Langkah-langkah ini terkesan sangat berterus terang tetapi dalam kenyataan beberapa orang mempraktekkan langkah-langkah ini.

Satu metode yang efektif dalam menemukan pokok masalah adalah menggunakan ‘pohon logis’ yang dipakai oleh banyak bisnis yang sukses. Mari menggunakan contoh sebuah restauran yang bernama ‘Warung Jakarta’ yang sudah menggunakan iklan di pusat perbelanjaan lokal untuk mempromosikan bisnis mereka. Meskipun sudah mempunyai iklan, hanya sedikit orang yang datang untuk makan ke restauran mereka.

(Klik Gambarnya)

Seperti yang kita lihat di diagram, dengan menggunakan pohon logis, kita telah merinci masalah menjadi kategori yang lebih kecil. Dengan karegori-kategori ini, kita bisa mengumpulkan data misalnya dengan menggunakan wawancara atau survey. Anda mungkin akan menemukan bahwa orang-orang memang tidak mengetahui iklan anda, mungkin iklan anda terlalu kecil. Jika mereka mengetahui iklan anda mengapa mereka tidak datang lagi? Apakah karena jenis atau kualitas makanan? Pastikan anda mempunyai asumsi yang luas dan ujilah menggunakan data yang ada.

Berikutnya kita bisa mendekati sebuah solusi dengan, pertama, membuat daftar solusi yang bermacam-macam terhadap masalah. Mungkin, bila orang-orang tidak mengetahui iklan anda, maka restauran anda harus memperbaiki iklannya. Pohon logis juga bisa digunakan untuk mengembangkan dan melihat pemecahan masalah.

Meskipun ini hanya pohon yang sederhana, pohon ini merinci cara-cara yang menyeluruh dan efektif dalam memecahkan masalah bisnis. Dari sini, penting untuk mengembangkan rencana inplementasi dan memprioritaskan tindakan.

Sumber :www.bisniskecil.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar