Rabu, 16 Maret 2011

Dari Kaleng Bekas Jadi "Sepeda Motor"


14/03/2011 05:45
Liputan6.com, Bekasi: Kaleng minuman ringan yang terbuang kini tak lagi menjadi beban lingkungan. Di tangan Gifson Harianja, warga Pondok Gede, Bekasi, Jawa Barat, limbah itu justru mendatangkan keuntungan. Kaleng-kaleng itu ia sulap menjadi aneka miniatur motor dan berbagai kerajinan lain.

Berbekal imajinasi, Gifson membuat puluhan jenis kerajinan dari limbah kaleng aluminium. Dengan peralatan sederhana, satu per satu kaleng dirangkai menjadi bentuk yang diinginkan.

Proses kreatif ini dimulai dari membuat lempengan dari botol aluminium bekas minuman. Kaleng-kaleng itu dibuat jadi lempengan untuk kemudian dicuci dan dibersihkan. Lempengan-lempengan itu kemudian dipotong sesuai dengan pola yang ada. Usai menyelesaikan bentuk dasar, sekarang giliran pernak-pernik aksesoris mempercantik motor kaleng buatannya.

Usaha ini tak begitu saja tumbuh. Puluhan eksperimen yang gagal menjadi gurunya untuk membuat yang lebih baik. Kini ia mulai memetik hasilnya. Karya uniknya telah banyak dimiliki kolektor dan ia juga turut menyelamatkan bumi dengan menjadi bakteri pengurai limbah.(ADO)



Gifson Harianja
Perajin
Kelurahan Jaticempaka No.34 RT-11 RW-08
Pondok Gede, Bekasi
Jawa Barat
Telepon: 021-83255828

Sumber : liputan6.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar