Senin, 14 Februari 2011

Usaha Empek-Empek Peluang Usaha yg Prospektif


- Berbicara mengenai kekayaan Indonesia, memang tidak akan pernah ada habisnya. Beragam budaya, kekayaan alam, sampai aneka macam kuliner tradisional, menjadi potensi peluang usaha yg sangat menguntungkan bagi masyarakatnya.

Salah satu potensi daerah yg sering dimanfaatkan sebagai peluang usaha makanan daerah. Seiring dgn permintaan pasar, kini makanan khas daerah sudah banyak dipasarkan di kota-kota besar, dan tidak hanya terbatas di daerah asalnya saja.

Pempek atau empek-empek Palembang, merupakan salah satu bukti nyata kesuksesan makanan tradisional yg berhasil diangkat menjadi makanan nasional. Makanan khas dari daerah Sumatera Selatan yg beribukota di Palembang ini, sekarang bukan hanya menjadi makanan yg populer di daerah Sumatera saja. Namun kini pempek sudah beredar hampir di semua daerah Indonesia.

Menurut cerita, empek-empek mulai dikenal di Sumatera Selatan pada tahun 1617. Saat itu ada lelaki tua keturunan cina (disebut apek) merasa prihatin dgn melimpahnya hasil tangkapan ikan sungai Musi, yg belum dimanfaatkan masyarakat dgn baik. Dari sanalah apek kemudian mengolahnya menjadi makanan baru, dgn mencampurkan tepung tapioka dan daging ikan giling. Makanan tersebut kemudian dipasarkan dgn berkeliling menggunakan sepeda. Nama pempek sendiri muncul dari kebiasaan konsumen yg memanggil “pek..apek”, ketika mereka ingin membeli dagangan si apek. Hingga sekarang nama pempek atau empek-empeklah yg dikenal masyarakat luas.

Untuk pertama kalinya empek-empek asli Palembang dibuat dari ikan belida, namun berhubung sekarang ikan tersebut sulit dicari, maka masyarakat menggantinya dgn ikan gabus, dan beberapa jenis ikan laut seperti tengiri. Biasanya untuk menambah kenikmatan pempek Palembang, penyajiannya dilengkapi dgn kuah yg biasa disebut cuko , kuah tersebut dibuat dari campuran gula jawa, cuka, asam jawa, udang ebi, cabe, serta bawang merah dan bawang putih. Selain itu, ada juga pedagang yg menambahkan irisan timun dan mie dalam penyajian pempek.

Selain ditambahkan cuko sebagai pelengkap, tingginya minat pasar membuat pempek Palembang dikembangkan hingga beragam jenis. Seperti jenis pempek kapal selam (isi telur), pempek lenjer, pempek lenggang, pempek kulit, dan pempek ada’an, pempek keriting, dll. Perkembangan pasar yg semakin bagus, membuat pempek bukan hanya dijadikan sebagai makanan yg enak dikonsumsi saja. Saat ini banyak masyarakat yg menjadikan pempek sebagai peluang usaha baru, sebab selain tidak membutuhkan modal usaha besar, bisnis ini juga memiliki prospek yg sangat bagus. Jadi wajar jika banyak restoran ataupun pedagang kaki lima yg saat ini menjajakan pempek sebagai menu utama mereka.

Nah, bagi Anda yg tertarik memulai sebuah peluang usaha. Tidak ada salahnya jika Anda mencoba mengangkat potensi makanan tradisional ini menjadi peluang usaha baru, mengingat prospek pasarnya juga cukup bagus.

Semoga informasi sedapnya potensi peluang usaha pempek Palembang, bisa bermanfaat.

Semoga Berhasil


Sumber: bisnisukm.com

1 komentar:

  1. jika Anda melihat skenario saat ini sehubungan dengan hibah untuk ekspansi usaha kecil, pemerintah federal sebenarnya tidak menawarkan hibah langsung. Namun ada beberapa program oleh pemerintah, yang melaluinya hibah untuk kegiatan penelitian dan pengembangan yang dapat dilakukan oleh usaha kecil disediakan oleh sba. kemudian ada hibah tidak langsung dalam bentuk jaminan pinjaman usaha kecil serta pinjaman bersubsidi, di mana Anda mendapatkan pinjaman dengan tingkat bunga yang dikurangi dari bank karena pemerintah membayar sebagian dari pinjaman Anda. atau jika Anda gagal membayar pinjaman Anda, pemerintah membayar bank atas nama Anda. seperti yang Anda lihat, ada banyak peluang untuk pendanaan usaha kecil dan hibah melalui mr pedro dan perusahaan pendanaannya. mereka menawarkan pinjaman pada tingkat 2 yang sangat terjangkau. sebagai pemilik bisnis pemula, Anda hanya perlu berusaha menemukan yang paling sesuai dengan tujuan bisnis Anda. hubungi mr pedro di pedroloanss@gmail.com / whatsapp teks: +1 863 231 0632 untuk pinjaman. semua yang terbaik!

    BalasHapus