Rabu, 16 Maret 2011

Peluang Usaha Nasi Goreng


Siapa yang kenal nasi goreng, sesuai dengan perkembangannya nasi goreng pun mengalami penambahan variasi menu seperti nasi goreng seafood, nasi goreng keju, bahkan ada juga yang menawarkan nasi goreng strawberry.

Makanan tradisional ini sebenarnya berasal dari Tionghoa yang awalnya tercipta karena masyarakat Toinghoa yang tidak suka memakan makanan dingin dan sering membuang sisa nasi. Oleh karena itu dibuatlah nasi dengan campuran bumbu-bumbu dan kecap sehingga bisa dihidangkan kembali dalam keadaan hangat.

Walaupun begitu, kenyataannya di beberapa kota di luar negeri ada yang menjual nasi goreng dengan nama “nasi goreng” bukan dengan bahasa mereka, seperti jika dalam bahasa Inggris nasi goreng dituliskan fried rice.

Target Konsumen

Semua kalangan dan usia bisa menjadi target pasar peluang usaha nasi goreng ini

Info Bisnis

Lokasi usaha nasi goreng sebaiknya dekat dengan keramaian. Lokasi starteginya antara lain di pinggir jala raya, di dekat perkantoran, atau perumahan. Penjual nasi goreng bisa berjualan terpisah atau berkumpul dengan pedagang makanan lain.

Kelebihan

Menu nasi goreng biasa dicari orang yang lapar dan malas memasak pada malam hari. Selain itu, cocok juga dimakan saat cuaca dingin, membuat hangat badan karena di masak pada waktu itu juga. Oleh karena itulah nasi goreng ini dan banyak di cari orang.

Kekurangan

Kebosanan pengunjung terhadap makanan ini. Dan persaingan pasar dengan produk sejenis

Pemasaran

Promosi usaha nasi goreng antara lain dengan memasang spanduk atau papan nama di tempat usaha. Sediakan lampu dengan penerangan yang cukup saat berjualan pada malam hari sehingga dapat terlihat dari kejauhan. Jika perlu buat papan nama yang dilengkapi lampu.

Kunci Sukses

Buatlah rasa yang berbeda dengan yang lainnya, atau sesuatu yang unik. Atau bisa juga dengan membuat nama menu masakan yang unik sehingga bisa terus diingat, misalnya “Nasi Goreng Selimut”, “Nasi Goreng Gila” atau “Nasi Goreng Gulung”.

Analisa Usaha

Modal Awal:

Peralatan:
Peralatan Masak:
Kompor, Elpiji, Wajan, dll Rp 1.800.000,00

Peralatan Warung:
Meja, kursi, piring, gelas, dll Rp 1.200.000,00 +
Jumlah modal awal Rp 3.000.000,00

Biaya penyusutan selama 2 tahun:
(3.000.000 – Rp 0) / 2 = Rp 1.500.000 per tahun atau Rp 125.000,00 per bulan.

Perhitungan Laba/Rugi per bulan

Pemasukan satu bulan:
Perkiraan pendapatan bulanan:
Rp 8.000,00 x 40 porsi x 30 hari Rp 9.600.000,00

Biaya produksi satu bulan:

Bahan baku:
Beras, daging, ikan, minyak, dll Rp 2.280.000,00
Bahan penunjang:
Air minum, bumb, elpiji dll Rp 700.000,00
Upah karyawan 2 @ Rp 600.000 Rp 1.200.000,00 +

Jumlah Rp 4.180.000,00

Laba kotor satu bulan Rp 5.420.000,00

Biaya penyusutan

peralatan dan perlengkapan Rp 125.000,00
biaya transportasi dll Rp 650.000,00
Jumlah Rp 925.000,00 +

Laba bersih satu bulan Rp 4.495.000,00

sumber gambar:http://4.bp.blogspot.com/_pQqt1VP1z8k/S8xvDqLP6cI/AAAAAAAAAVg/_JA0xfMFRRw/s1600/nasi-goreng-rempah-ratus.jpg & http://1.bp.blogspot.com/_pQmv7qlb-JI/SPR_ch8Q8xI/AAAAAAAAAvc/DX9k4iwRoHI/s320/DSC01821.JPG

usahamakanan.com

Jajanan khas Medan, Bika Ambon


“Katanya Bika Ambon kok dari Medan?”. Mungkin beberapa dari Anda masih ingat dengan dialog yang dihadirkan oleh salah satu iklan susu beberapa tahun silam ini. Inilah salah satu jajanan dari Medan yang menjadi daya tarik bagi wisatawan domestic maupun mancanegara. Bika Ambon merupakan kue berwarna kuning yang memiliki tekstur berlubang-lubang seperti sarang tawon. Jajanan khas Medan yang memiliki rasa legit dan lembut ini sangat digemari banyak orang.

Kini kita tidak hanya dapat menemukan bika ambon di kota Medan saja, namun hampir di seluruh nusantara Anda bisa dengan mudah mendapatkannya. Walaupun begitu ternyata tidak sedikit orang yang penasaran untuk membuat kue bersarang ini. Nah, jika Anda merupakan salah satu dari beberapa orang yang ingin membuat sendiri, silahkan mencoba resep jajanan khas medan, bika ambon yang kami hadirkan kali ini. Semoga berhasil. Salam sukses.

Bahan A:
100 gram tepung terigu protein sedang
200 ml air kelapa segar
11 gr ragi instant

Bahan B:
16 btr kuning telur
400 gram gula pasir
300 gram tepung sagu tani
600 ml santan kental matang
1 sdt garam
1 sdt vanilli

Cara Membuat:

* Aduk bahan A sampai rata, diamkan selama 15 menit.
* Aduk rata : telur, gula, garam dan vanilli, lalu masukkan bahan A, dan tepung sagu, aduk rata sambil tuangi santan sedikit demi sedikit sampai santan habis. Saring.
* Istirahatkan selama 2 jam.
* Tuang adonan kedalam cetakan oval yang telah dipoles minyak tipis-tipis.
* Panggang dalam oven panas yang pintunya setengah dibuka, sampai matang.

Catatan Penting :

1. Buat biangnya terlebih dulu, yaitu Bahan A.
2. Untuk membuat santannya gunakan dua buah kelapa tua. Ambil santan kentalnya saja. Masak dengan api kecil hingga agak berminyak, masukan daun pandan,daun jeruk dan serai lalu disaring, supaya kuenya wangi.
3. Tiap menambahkan santan ke dalam adonan, aduk pelan-pelan.
4. Aduk lagi setelah bahan A masuk.
5. Jangan lupa panaskan dulu loyang yang akan digunakan.
6. Tanda loyang sudah panas, adalah pada waktu adonan dituang ke dalam loyang terdengar suara mendesis.
7. Adonan bika ambon ini dipanggang dengan suhu yang rendah, maka dari itu disarankan agar mengganjal pintu oven supaya terbuka sedikit atau bisa juga menggunakan loyang yang atasnya berlubang-lubang.
8. Jika menginginkan bagian atasnya berwarna kecoklatan, gunakan api atas sebentar saja saat bikanya sudah matang.

sumber gambar: http://bakingsolution.com/pic/content_60_bika_big.jpg & http://2.bp.blogspot.com/_ttyslUCcz84/Rud_nOpQ16I/AAAAAAAAAK0/JXSZqQe_o8E/s200/bika%2Bambon%2Bsagu.jpg

Sumber : usahamakanan.com

Peluang Bisnis Keripik Belut


Bicara tentang belut, ternyata tidak hanya bentuknya yang panjang dan licin saja yang diketahui orang. Belut juga dikenal sebagai salah satu bahan makanan yang mengandung banyak unsur gizi, seperti protein, kalori, zat besi, kalsium, serta vitamin A, B, dan C. Tingginya gizi yang terkandung pada belut, menjadikan belut diminati oleh masyarakat bahkan sampai masyarakat luar negeri. Adanya permintaan belut yang semakin meningkat, menjadikan peluang bisnis belut sebagai ladang untuk menghasilkan keuntungan yang cukup besar.

Saat ini tidak hanya budidaya belut saja yang mulai dilirik para pencari usaha, berbagai macam olahan belut pun dapat dijadikan sebagai peluang usaha baru yang cukup menguntungkan. Salah satu olahan belut yang mudah dan diminati banyak konsumen adalah keripik belut. Rasanya yang gurih serta kerenyahan keripik belut disukai para konsumen.

Konsumen

Penikmat keripik belut tidak terbatas oleh usia, status sosial, maupun status gender. Bahkan tidak hanya menjadi lauk saja, kini keripik belut menjadi salah satu camilan yang disukai dan bisa dinikmati kapan saja.

Hambatan dan Cara Mengatasinya

1. Sulitnya pemenuhan bahan baku belut, dikarenakan belum banyaknya warga yang budidaya belut. Sehingga masih mengandalkan hasil belut dari pencarian hasil alam (sawah) yang banyaknya hasil terpengaruh dengan musim. Untuk mengatasinya sebaiknya juga membudidayakan belut, sehingga untuk pasokan bahan baku selalu tersedia.
2. Camilan semacam keripik belut ini mudah melempem jika kemasannya tidak rapat. Jadi sebaiknya simpan di tempat yang tertutup dan gunakan plastik kemasan dengan ketebalan 0,5 mili untuk mengatasinya.

Kunci Sukses

Dalam menjalankan usaha renyahnya peluang bisnis keripik belut diperlukan ketelatenan serta keahlian untuk menciptakan rasa yang enak, gurih dan renyah. Selain kualitas rasa yang nikmat, kemasan yang menarik juga sangat mendukung penjualan keripik belut. Selanjutnya strategi pemasaran juga harus diperhatikan, harus paham dimana pasar yang potensial dan mana yang kurang potensial. Sehingga bisa mengatur stok barang yang akan dititipkan, misalnya beri stok yang lebih banyak untuk toko yang rame dibandingkan untuk toko yang sepi.

Sumber : usahamakanan.com

Menjadikan Donat sebagai Peluang Usaha


Makanan yang berbentuk bulat ini sangat dikenal oleh masyarakat. Mulai dari anak kecil, anak muda hingga orang dewasa mengenalnya sebagai salah satu makanan yang bentuknya unik, karena memiliki lubang ditengahnya.

Sekarang ini donat merupakan salah satu makanan yang banyak dijadikan sebagai peluang usaha, karena peminatnya cukup banyak. Beragam bisnis donat yang bermunculan, berusaha menawarkan produknya dengan menampilkan donat dengan variasi toping yang menggoda. Seperti toping cokelat, cokelat kacang, keju, gula halus, blueberry, strawberry, serta masih banyak lagi toping yang ditawarkan untuk menarik minat konsumen. Bukan hal baru lagi jika sekarang, banyak waralaba makanan yang menawarkan donat sebagai menu andalannya.

Konsumen
Makanan donat, disukai oleh semua kalangan. Rasanya yang bervariasi digemari oleh anak – anak, remaja, dewasa hingga orang tua, baik pria maupun wanita.

Info bisnis
Menjalankan bisnis donat tidaklah sulit, yang terpenting Anda suka memasak dan memiliki waktu untuk menjalankan bisnis ini. Makanya bisnis ini banyak digeluti oleh para ibu yang mencari usaha sampingan, disela – sela kegiatannya mengurusi pekerjaan rumah dan anak – anaknya.

Untuk menjalankan bisnis donat, peralatan yang dibutuhkan antaralain kompor gas, mixer, loyang roti ukuran 40 cm x 60 cm, wajan besar, timbangan digital, baskom dan meja aluminium. Sedangkan untuk bahan baku yang sering digunakan untuk memproduksi donat yaitu gandum, gula pasir, margarine, telur, backing powder, ragi, minyak goreng, dll.

Untuk proses produksinya, berikut kami berikan resep pembuatan donat yang dapat Anda coba untuk menjalankan bisnis tersebut.

Resep donat
Bahan pokok
- 300 gr tepung terigu
- ½ bks (5,5 kg) ragi instan
- 3 kuning telur ayam, kocok
- 2 sdm margarine
- 150 ml susu cair
- Minyak goreng untuk menggoreng
Toping
- 100 gr cokelat masak pekat, kemudian lelehkan
- 100 gr meses / cokelat beras
Cara Membuat
- Campurkan tepung terigu dan ragi, lalu aduk rata
- Tambahkan telur dan margarine sambil uleni hingga rata
- Tuangkan susu sedikit demi sedikit, sambil terus uleni hingga
adonan benar – benar kalis. Bulatkan adonan, taruh di tempat yang hangat selama 45 menit sampai sadonan mengembang dua kali ukuran semula.
- Selanjutnya setelah mengembang, bagi adonan menjadi 12 bagian. Bulatkan masing – masing lalu bentuk dengan tangan hingga berlubang ditengahnya.
- Letakan di Loyang yang telah diolesi minyak, dan biarkan selama 10 menit hingga mengembang
- Panaskan minyak di atas api kecil, goreng donat sampai kecoklatan dan matang, angkat tiriskan dan dinginkan
- Olesi permukaan tiap donat dengan cokelat leleh. Taburi dengan cokelat dan diamkan hingga mengeras. Sajikan untuk 12 buah.

Kelebihan bisnis donat
Minat masyarakat akan donat masih sangat besar, ini sangat menguntungkan para pelaku bisnis donat karena pangsa pasarnya masih luas. Disamping itu usaha makanan donat juga dapat dikembangkan dengan memberikan inovasi baru dari toping yang bervariasi. Inovasi lainnya juga bisa dilakukan dengan menciptakan bentuk baru, seperti sate donat, donat bakar, atau bisa juga menyediakan donat rendah kalori. Sehingga konsumen tidak merasa bosan dengan donat yang ditawarkan.

Kendala bisnis donat
Selain menguntungkan dan memiliki pasar yang luas, usaha donat juga memiliki kendala bisnis. Kendala yang sering ditemui yaitu masa kadaluarsa donat yang singkat, rata – rata donat hanya mampu bertahan selama empat hari jika tidak disimpan dalam freezer. Oleh sebab itu sebaiknya dalam proses produksi, sesuaikan jumlahnya dengan permintaan pasar setiap harinya.

Strategi Pemasaran
Strategi jitu yang dapat digunakan yaitu membuat brosur atau pamflet yang menginformasikan menu donat yang Anda tawarkan dan cantumkan pula harganya, bila perlu tambahkan keunggulan donat Anda agar konsumen tertarik. Selanjutnya Anda dapat memasarkan donat dengan menitipkannya di beberapa toko kue, warung makan serta supermarket yang ada di sekitar Anda. Sehingga konsumen semakin mengenali produk donat yang Anda produksi. Promosi donat juga bisa dilakukan dengan cara merekrut beberapa agen donat, untuk memasarkan produk ke beberapa tempat yang cukup berpotensi. Untuk pengenalan produk, Anda dapat memberikan bonus gratis pada pemilik toko yang Anda titipi donat.

Kunci sukses
Donat yang banyak disukai konsumen adalah donat yang enak rasanya dan empuk bila digigit. Oleh karena itu ciptakan produk donat sebaik mungkin, bila perlu cobalah beberapa resep hingga menemukan takaran yang tepat untuk menghasilkan donat yang lezat. Kemudian pastikan kebersihan donat ANda terjaga, begitu pula dengan kemasannya. Usahakan pilih kemasan yang tertutup dan kemasannya juga menarik. Sehingga konsumen tidak ragu ketika hendak membeli donat.

Analisa ekonomi
Modal awal
- Kompor gas 1 tunggu + tabung gas + isi Rp 200.000,00
- Mixer Rp 4.000.000,00
- 10 Loyang roti ukuran 40 x 60 cm Rp 300.000,00
- Wajan besar Rp 75.000,00
- Timbangan digital + gelas ukur Rp 475.000,00
- 3 buah baskom plastik Rp 60.000,00
- 1 buah meja produksi alumunium Rp 200.000,00+
Total Rp 5.260.000,00

Biaya Bahan baku
- 75 kg tepung terigu x @ 6.500,00 Rp 450.000,00
- 37,5 liter susu x @ Rp 150,00 Rp 5.625,00
- 12 kg gula pasir x @ Rp 9.500,00 Rp 114.000,00
- 6 kg margarine x @ Rp 25.000,00 Rp 150.000,00
- 21 kg telur ayam x @ 10.900,00 Rp 228.900,00
- 10 botol baking powder x Rp 4.500,00 Rp 45.000,00
- 60 lt minyak goreng x @ 9.000,00 Rp 540.000,00
- 8 bks plastik sablon kemas @ 2.500,00 Rp 20.000,00+
Total Rp 1.553.525,00

Biaya operasional
- Transportasi Rp 100.000,00
- 6 tabung gas 3 kg x @ 15.000,00 Rp 90.000,00+
Total Rp 190.000,00

Total biaya per bulan
= Rp 1.553.525,00 + Rp 190.000,00 = Rp 1.743.525,00

Pendapatan per bulan
100 donat x @ Rp 1.200,00 x 30 hari = Rp 3.600.000,00

Laba bersih per bulan
= Rp 3.600.000,00 - Rp 1.743.525,00 = Rp 1.856.475,00

BEP
(modal awal : laba bersih per bulan) = ± 3 bulan

Dengan adanya informasi tentang “Menjadikan donat sebagai peluang usaha”, semoga dapat menjadi inspirasi bisnis bagi Anda. Selamat mencoba dan salam sukses.

Info terkait :
- Peluang usaha salad buah
- Renyahnya, peluang bisnis keripik belut

Sumber gambar : http://4.bp.blogspot.com/_ZtvKv80m7-c/TCF_1YmPNcI/AAAAAAAAAAU/837p7xOSy4U/s1600/Donat.JPG dan

http://photos-e.ak.fbcdn.net/hphotos-ak-snc1/hs258.snc1/10535_1192841074504_1632745915_484318_5818365_n.jpg

usahamakanan.com

Usaha Singkong Keju


Singkong keju adalah makanan tradisional yang dipadupadankan dengan bahan baku modern, yakni keju. Jajanan ini banyak dijadikan sebagai peluang usaha, karena peminatnya yang sangat banyak. Bahkan pada awal pengenalan menu ini, para konsumen rela antri panjang untuk sekedar menikmati perpaduan singkong dan keju yang diproses menjadi makanan baru dengan rasa unik dan lezat tersebut.

Usaha singkong keju saat ini banyak ditemukan di pinggir jalan. Walaupun jajanan kaki lima, namun penikmatnya bukan dari kalangan bawah saja. Sehingga nilai ekomoni singkong yang murah, berhasil diolah menjadi produk yang memiliki potensi bisnis cukup tinggi. Satu kotak singkong keju ukuran kecil dihargai dengan Rp 7.000,00, sedangkan untuk kotak ukuran besar dibandrol harga Rp 10.000,00.

Prospek bisnis singkong keju masih sangat luas, karena semakin hari peminatnya juga meningkat. Bagi Anda yang ingin mencoba peluang bisnis ini, berikut kami berikan informasi resep singkong keju yang dapat Anda coba di rumah.

Resep singkong keju

Bahan-bahan :
1 kg singkong keju
1 liter minyak goreng

Bumbu perendam :
100 gram keju, panaskan hingga meleleh
Gula putih halus secukupnya
2 siung bawang putih, haluskan
2 sdt garam
1 liter air

Pelengkap
Keju cheddar secukupnya, kemudian parut
Bubuk peras French fries
Susu kental manis

Cara Membuat :
1. Kupas singkong, potong melintang ukuran sedang, lalu cuci hingga bersih. Selanjutnya tiriskan
2. Buat bumbu perendam. Campurkan bawang putih yang telah dihalsukan, larutan keju, garam, gula putih halus, dan air dalam wadah
3. Goreng singkong hingga setengah matang, angkat dan masukan lagi ke dalam bumbu perendam. Diamkan selama 5 menit hingga bumbu meresap dan singkong merekah
4. Goreng kembali singkong hingga matang. Taburi susu kental manis, bubuk perasa, dan parutan keju cheddar. Singkong keju siap disajikan selagi hangat.
Selamat mencoba dan salam sukses!!!

Sumber gambar : http://dyoncahyo.blogdetik.com/files/2009/06/singkongkeju.jpg dan http://btcindag.com/pict/p4c18421f85a5a.jpg

usahamakanan.com

Dari Kaleng Bekas Jadi "Sepeda Motor"


14/03/2011 05:45
Liputan6.com, Bekasi: Kaleng minuman ringan yang terbuang kini tak lagi menjadi beban lingkungan. Di tangan Gifson Harianja, warga Pondok Gede, Bekasi, Jawa Barat, limbah itu justru mendatangkan keuntungan. Kaleng-kaleng itu ia sulap menjadi aneka miniatur motor dan berbagai kerajinan lain.

Berbekal imajinasi, Gifson membuat puluhan jenis kerajinan dari limbah kaleng aluminium. Dengan peralatan sederhana, satu per satu kaleng dirangkai menjadi bentuk yang diinginkan.

Proses kreatif ini dimulai dari membuat lempengan dari botol aluminium bekas minuman. Kaleng-kaleng itu dibuat jadi lempengan untuk kemudian dicuci dan dibersihkan. Lempengan-lempengan itu kemudian dipotong sesuai dengan pola yang ada. Usai menyelesaikan bentuk dasar, sekarang giliran pernak-pernik aksesoris mempercantik motor kaleng buatannya.

Usaha ini tak begitu saja tumbuh. Puluhan eksperimen yang gagal menjadi gurunya untuk membuat yang lebih baik. Kini ia mulai memetik hasilnya. Karya uniknya telah banyak dimiliki kolektor dan ia juga turut menyelamatkan bumi dengan menjadi bakteri pengurai limbah.(ADO)



Gifson Harianja
Perajin
Kelurahan Jaticempaka No.34 RT-11 RW-08
Pondok Gede, Bekasi
Jawa Barat
Telepon: 021-83255828

Sumber : liputan6.com

Selasa, 15 Maret 2011

Peluang Usaha Mie Ayam


Saat ini mie telah menjadi makanan pokok ke 2 setelah beras. Sangatlah bagus jika kita bisa mengambil ini sebagai peluang bisnis yang potensial yang menguntungkan

Berjualan mie ayam memang selama ini menjadi peluang usaha yang masih cukup menggoda untuk tetap dikembangkan. Melihat banyak pemain baru yang berdatangan silih berganti, menandakan bisnis ini masih mempunyai pasar yang luas.

Bagaimana tidak, hampir semua orang menyukai makanan ini. Bisnis ini seperti jamur yang mudah tumbuh dimana-mana dan bisa tetap bertahan sampai sekarang. Tapi banyak juga yang gulung tikar karena tidak memiliki ciri khas yang bisa membuat konsumen terpikat oleh produk yang ditawarkan.

Ada banyak varian dari mie ayam, namun kita banyak menjumpai beberapa sbb :
* Mie ayam biasa
* Mie ayam bakso
* Mie ayam jamur
* Mie ayam ceker
* Mie ayam hati ayam

Selama menikmati mie ayam, berikut beberapa pedagang mie ayam yang menurut penulis patut dicoba rasanya
* Mie ayam jamur, dekat kantor Yamaha bungur
* Mie ayam bakso, di stasiun kereta bekasi
* Mie ayam hati ayam, depan BCA fatmawati
* Mie ayam ceker, masuk komplek depan terminal Lebak Bulus atau di Tebet

Sumber ;ardhifahrizal.com

Usaha Bubur Kacang Ijo untuk Menopang Kehidupan


Cikarang, Bekasinews.com.- Usaha berdagang Bubur kacang hijau dan ketan hitam yang digeluti semenjak tahun 1985 mampu menopang kehidupan Jojo lelaki asal kuningan untuk menghidupi dua orang anaknya hasil perkawinannya.

“Dahulu sebelum saya meiliki pangkalan untuk berdagang dengan sewa pertahun saya mengikuti saudara saya berdagang bubur kacang hijau, setelah saya mempunyai modal serta dapat mengelola dagangan baru saya membuka warung bubur secara mandiri dengan dibantu oleh istri saya” , ujarnya pada Bekasinews.com diwarung buburnya di bilangan Cikarang barat, tepatnya dipinggir jalan utama menujuperumahan Telag Murni .

Jojo juga mengatakan hanya usaha berdagang bubur kacang hijau yang bisa dilakukannya, karena saya hanya meiliki keahlian mengelola bubur kacang hijau yang saya pelajari dari sodara saya, yang mengajak membantu berdagang bubur kacang hijau,setelah lulus Sekolah Dasar.Karena tidak ada biaya untuk meneruskan sekolah saya akhirnya ikut usaha bersama saudara saya untuk berdagang bubur kacang hijau.

Berbekal keuletan dan kesabaran, akhirnya jojo kini berhasil memiliki warung untuk berdagang bubur, meski baru menyewa warung, tapi jojo berharap suatu saat nanti usahanya akan maju memiliki warung sendiri dan dapat membuka cabang warung bubur kacang hijaunya.

“Memang untuk pertama merintis berdagang bubur kacang hijau sangat memprihatinkan, karena sebelum dikenal dan banyak langganan untuk menikmati bubur kacang hijau , saat itu selalu tersisa dan tidak habis sehingga pada setiap harinya saya nombok modal untuk menutup bubur kacang hijau saya yang tak habis.” urainya.

"Tapi sekarang saya bersyukur warung bubur saya kini sudah banyak yang berlangganan sehingga selain bubur kacang hijau saya juga menjual dagangan lainnya seperti Mie Instan, Kopi dan lainnya dengan hasil keuntungan bersih Rp. 40 Ribu Rupiah , yang mampu menghidupi dan menyekolahkan kedua anak saya." jelasnya (M. Joko YP)

Sumber : bekasinews.com

Bubur Sumsum Candil


Berbuka puasa akan lebih nikmat, jika diawali dengan menyantap ta'jil (makanan pembuka ketika berbuka Puasa) seperti Bubur Sumsum Candil dan Kolak. Dari dulu sudah pada tau dengan makanan lezat dan mengiurkan ini, tapi ingat jangan asal beli sembarangan, karena Bubur Sumsum banyak yang makai kapur sirih, dan ini sangat membahayakan buat tubuh kita.

Na,,,! saran saya kalau mau beli harus hati-hati dan teliti dulu atau nanya sama pedagangnya demi menjaga kesehatan tubuh kita.
Sekarang Saya buka usaha dengan kakak yang namanya Mustopa dan tanpa kapur sirih didalam makanan ini pokoknya aman, malahan yang saya buat ini bermanfaat bagi tubuh kita karena mengandung karbohidrat dan dari bahan-bahan alami.

Omset saat bulan Puasa sehari bisa Rp 5,4 juta.
Mustopa yang menekuni usaha Bubur Sumsum Candil.

Usaha yang baru dirintis selama 2 tahun ini mengalami perkembangan yang signifikasikan, karena dalam rentang waktu tersebut telah memiliki 6 cabang dan sementara ini di daerah Jakarta Utara, karena begitu rame dagangannya sekarang banyak yang meniru seperti yang di jalanin usahanya Mustopa. seperti apa sih kok begitu rame usahanya ini, Mustopa menjual satu porsi Rp 3.000 pergelas plastik dan tempatnya atau grobaknya ditaruh diatas motor.

Salah satunya sekarang dia buka di Jln. Gadang no.12A Sungai Bambu Tanjung Priuk Jakarta Utara, Cilincing depan mini market Lestari, jln. baru Cilincing didalam Pasarnya dan masih ada lagi di tempat lain.

RESEP BUBUR SUMSUM DAN CANDIL


Bahan Bubur Sumsum


* 20 liter beras ramos

* 20 liter santan kental

* 5 blok garam

* 25 ikat daun pandan


Bahan Candil


* 20 kg ubi jalar

* 20 kg tepung sagu

* 20 kg gula merah

* 5 kotak garam

* 5 kg gula putih

* 25 ikat daun pandan

Sumber : Bubur Sumsum

Senin, 14 Maret 2011

Bisnis Mainan Edukatif dari Kayu Daur Ulang


Peluang Usaha ini diawali usaha untuk sayang anak . Anda sering memberikan mainan untuk si kecil entah anak anda , saudara atau siapapun itu . Alangkah baiknya kalo kita membelikan mainan yang ada nilai + nya yaitu : edukatif . Jadi ide bisnis ini adalah menggabungkan mainan + edukasi . Salah satu yang menekuni bisnis ini adalah Yuli Setyawati ( pemilik Melati Toys ) . Melaty Toys menghasilkan sekitar 50 jenis permainan edukatif berbahan baku kayu . Bahan kayu relatif lebih aman, dan lebih kuat/awet . Jenis permainannya dibagi menjadi dua jenis yaitu untuk Batita ( Bawah Tiga Tahun ) dan mainan edukasi untuk prasekolah ( 3 – 5 ) tahun. Rata – rata harga mainan nya antara 30.000 – 100.000 .

Bahan Baku dan Alat . Dalam memproduksi mainan edukasi yuli menggunakan bahan kayu Pinus ( Rp.10.000 / Meter ), kayu karet ( 8 ribu/m ) , kayu sungai ( 7 ribu/m) , Kayu MDF ( serbuk kayu yg dipadatkan ) Rp 35 ribu / lembar.Untuk bahan kayu daur ulang ini didapat dari kawasan Klender Jakarta Timur. Selain itu yuli juga mengunakan wire games yang dibeli seharga Rp. 11.000 / kilo , lem kayu Rp 7.000 / bungkus .Untuk bahan ini dicarinya di pasar Glodok . Untuk cat dia pakai cat water base merek propan seharga Rp 50.000 / kilo . Untuk bahan baku tersebut perbulan dia menghabiskan sekitar Rp 2 juta . Untuk Alat dia mempunyai 3 mesin potong kayu yg dibelinya seharga Rp 15juta , sebuah mesin bor duduk Rp 2 Juta . Sebuah mesin ampelas Rp 800 ribu dan 2 buah mesin bubut Rp 10 juta .

Untuk tenaga kerja / karyawan saat ini yuli dibantu 4 orang karyawan yang dihaji 1.2 juta perbulan untuk bagian produksi . kualifikasi karyawannya adalah yang mempunyai keahlian dalam pemotongan kayu , dempul , sablon dan pengecatan .Dalam sebulan melaty toys bisa menghasilkan 300 Buah mainan puzzle , mainan kawat 100 buah dan balok susun 50 buah .Omset perbulannya mencapai 20 juta rupiah .

Untuk Promosi dan pemasaran . Sekarang ini pengusaha mainan cukup banyak . Namun yang terpenting adalah kualitas produk harus bersaing . Contohnyauntuk semua mainan tidak menggukan paku , kehalusan mainan harus diperhatikan dan gunakan cat yang aman ( cat anti toxic ). Untuk promosi di awal bisa ditawarkan ke tempat2 pengajaran anak2 , seperti playgroup sampai TK . Denagn promosi offline ( pemasangan iklan , mengikuti ajang pameran ) dan secara online dengan membuka situs / website www.melatitoys.indonetwork.co.id dan membuka system keagenan .

Berikut Asumsi Pendapatan Melati Toys Per Bulan :

1. MODAL AWAL Rp. 700.000
2. Modal TAMBAHAN Rp 3.300.000
3. BAHAN BAKU Rp. 2.000.000
4. BIAYA OPERASIONAL Rp. 5.300.000
- Gaji Karyaan Rp. 4.800.000
- Listrik & Telepon Rp. 500.000
5. OMSET Rp. 20.000.000
6. Keuntungan BERSIH Rp.12.700.000

Untuk info lebih lanjut dapat menghubungi :

MelatiToys

Jl. Assirot RT 02/03 No 5 Sukabumi Selatan Kebon Jeruk , Jakarta Barat ( 021-71357209, 0817727329 )
www.meltitoys.indonetwork.co.id

Sumber :idepeluangusaha.com

Aneka Benda Seni dari Sampah



Liputan6.com, Denpasar: Pengepul sampah daur ulang di Denpasar, Bali, berhasil menjadikan sampah menjadi barang berguna. Semua bermula dari kepedulian pada lingkungan, I Made Bagiada dengan tekun mengumpulkan aneka sampah daur ulang dan benda elektronik hingga memiliki bank sampah di kawasan Jalan Noja Sari, Denpasar, Bali. Belakangan gagasan yang lebih besar muncul. Bagiada ingin mengubah sampahnya menjadi bernilai lebih.

Tak hanya itu, ia membebaskan pegawainya berkreasi dengan sampah. Barang-barang rongsokan dikumpulkan, dipreteli, dan dirangkai hingga menjadi sebuah kerajinan replika sepeda motor besar. Bersama 10 pegawai I Made Bagiada dalam sepekan bisa membuat lima replika sepeda motor tergantung adanya pasokan barang bekas yang tersedia. harganya 75 hingga 100 ribu rupiah per buah tergantung model dan ukuran.

Selain replika sepeda motor, sampah juga dibuat aneka kap lampu. Harganya murah meriah karena terbuat dari botol bekas dan plastik tak terpakai. Harganya lumayan dari 40 ribu rupiah sampai Rp 100 ribu.

Kreativitas I Made Bagiada dan karyawannya telah menciptakan lapangan kerja sekaligus memberi nilai ekonomis pada sampah. Namun ada kendala yang kini dihadapi Bagiada, yaitu pemasaran. Ia berharap pemerintah daerah bisa dapat membantunya sehingga karya-karyanya bisa dinikmati lebih banyak orang.(IAN)

Sumber :liputan6.com
Foto : daur ulang

Terompet Kertas Limbah Meriahkan Tahun Baru


Liputan6.com, Blora: Dapatkah limbah disulap menjadi uang? Tentu saja bisa. Di Blora, Jawa Tengah, seorang pria mengubah kertas bekas menjadi kerajinan tangan yang bernilai tinggi.

Pardi, warga Desa Kaliwangan, Blora, Jateng, Kamis (30/12), terlihat begitu sabar dan telaten memainkan jari-jarinya. Kertas limbah yang ia beli dari sebuah pabrik dirangkai sedemikian rupa, sehingga menjadi terompet. Satu per satu hasil karyanya itu akan dijual menyambut pergantian tahun.

Selain kertas, Pardi membutuhkan lem dan isolasi. Pria berumur 43 tahun itu memulai pekerjaannya dengan menggulung kertas hingga terbentuk corong. Sebelum disambung dengan corong yang lebih kecil, ia terlebih dahulu memasang peluit bambu kecil. Terompet pun kemudian dicat beragam warna agar lebih menarik.

Berbagai jenis terompet seperti bentuk naga dan trombon dijual dengan harga Rp 2.500 hingga Rp 10.000. Di setiap momen pergantian tahun, Pardi bisa membuat 2500 hingga 3000 terompet dengan omzet jutaan Rupiah.(WIL/SHA)

Sumber : liputan6.com

Kerajinan Bambu Sleman Cegah Pengangguran


Liputan6.com, Sleman: Sebanyak 10 persen jenis bambu di dunia, tumbuh di Indonesia. Sudah sepantasnya negeri ini memanfaatkan tanaman subfamili rumput dengan maksimal seperti yang dilakukan perajin di Tirtoadi, Kabupaten Sleman, Yogyakarta, baru-baru ini. Dengan berbahan dasar bambu warga Tirtoadi mengubahnya menjadi karya seni yang bernilai jual seperti penutup lampu hias, tempat koran, tempat nasi, dan suvenir pernikahan.

Kerajinan ini juga menyerap banyak tenaga kerja. Di salah satu pusat kerajinan bambu, bekerja lebih dari 70 perajin. Tiap perajin memperoleh upah antara Rp 8 ribu hingga Rp 30 ribu per hari, tergantung jenis pekerjaan. Usaha padat karya seperti ini jelas mengurangi angka pengangguran. Para pengusaha berharap pemerintah setempat banyak membantu memasarkan produk mereka.(ZAQ)

Sumber : liputan6.com

Sabtu, 12 Maret 2011

Usaha Service Komputer dan Laptop


Pada zaman era globalisasi ini, banyak bermunculan usaha-usaha di bidang computer seperti rental pengetikan, print, dll. Bahkan di Bogor, tepatnya kampung Gugunung tempat saya tinggal, ada yang membuka usaha warnet. Hanya ada yang belum tersedia, yaitu service computer. Saya berniat untuk merintis usaha terebut. Untuk itu, setelah lulus SMA, saya memilih universitas Gunadarma untuk mengemban ilmu disana. Saya memilih masuk di jurusan teknik computer, karena jurusan ini mengarah ke hardware. Ketika ada mata kuliah praktikum elektronika, saya merasa semangat sekali. Saya senang bila sudah disuruh untuk merangkai komponen-komponen elektronika. Bahkan dirumah pun, saya mencoba mengutak-atik computer. Meskipun pernah gagal untuk memasangnya kembali, tapi saya tetap berusaha agar berhasil.

. Mungkin orang-orang hanya tahu bahwa service computer hanya untuk masalah hardware saja. Tapi saya menginginkan untuk bisa mengatasi masalah software juga. Untuk itu, selain mendapat ilmunya dari kuliah saya juga bertanya kepada rekan yang sudah mengerti. Tak hanya itu, saya mencari di internet tentang hal-hal yang belum saya pahami. Saya akan terus berusaha agar apa yang saya impikan tercapai. Pernah saya membantu teman saya memperbaiki komputernya karena masalah software, hasilnya teman saya senang karena komputernya bisa ia gunakan kembali. Dengan kejadian tersebut, saya semakin bersemangat untuk menekuni bidang ini. Hingga suatu saat nanti saya dapat merintis usaha service computer, baik masalah hardware maupun masalah software.

Tambahan info :
Untuk menambah pengetahuan bisa belajar dari buku atau mengikuti kursus (area Jakarta):
1. Teknisi Komputer berkisar Rp 300.000 - Rp 700.000,-
2. LAN (Local Area Network) Rp 100.000 - Rp 300.000,-
3. Data Recovery
Hal penting lain, sebelum membuka service sebaiknya magang dulu di tempat service orang lain 1/2 - 1th sehingga setelah mantap baru memberanikan diri membuka service sendiri.

Sumber :rayawaji.blogspot.com

Usaha Service AC Rumah


Cuaca yang memanas setiap hari dan selalu duduk bekerja dengan adanya ac sehingga ac menjadi kebutuhan setelah sampai di rumah, terutama pada waktu tidur malam.
Muncul pertanyaan, apakah ada peluang pada usaha ini untuk memperoleh keuntungan bagi investor atau pemilik dana, bagaimana memasarkannya, di mana mencari peralatan, dan berapa besar nilai investasi yang dibutuhkan?
Usaha ini memberi nilai tambah dengan cara memberi kenyamanan kepada pemakai ac. Jservice ac yang ditawarkan bisa dikelompokkan ke dalam dua kelompok besar, yaitu perbaikan ac dan perawatan ac. Perbaikan ac, yaitu memperbaiki dengan keahlian yang dimiliki, baik dengan membetulkan bagian tertentu atau mengganti bagian yang rusak dengan yang baru. Perawatan ac, yaitu melakukan perawatan dengan membersihkan ac dan memastikan udara yang dikeluarkan sejuk. Dalam produk ini termasuk mengganti freon ac.
Untuk menjalani usaha ini, pemilik dana harus mempunyai peralatan untuk memperbaiki atau merawat ac dan orang yang punya keahlian memperbaiki ac.
Untuk perawatan atau pembersihan ac dibutuhkan kompresor yang bisa menyemprotkan air untuk membuang kotoran dari ac. Biasanya dibutuhkan dua orang yang sekaligus bekerja membersihkan atau service ac . Sebaiknya kompresor yang dimiliki minimum 2 unit atau 3 unit untuk berjaga bila salah satu unit rusak. Berarti pekerja yang dibutuhkan sebanyak 4 orang, dua orang yang sudah berpengalaman menggunakan kompresor pemompa air dan dua orang sebagai pembantu.
Untuk pembantu bisa berpendidikan lulusan smp dan biasanya belum punya pekerjaan. Upah yang dibayarkan bisa menggunakan upah minimum resmi. Biasanya sekitar rp 1 juta per bulan. Bila ingin lebih terencana, maka bisa dibayarkan upah harian yang besarnya sesuai di daerah tersebut. Bagi pegawai yang mempunyai pengalaman, diberi upah lebih tinggi, minimum rp 1,5 juta per bulan.
Selanjutnya, harus ada seseorang yang menunggu telepon dan bekerja di kantor untuk melayani pesanan konsumen. Sebaiknya pegawai ini harus melayani dengan baik. Pegawai ini sebaiknya juga paham perhitungan (akuntansi) dan administrasi perkantoran, berlatar belakang pendidikan d-3.
Peralatan pelengkap kompresor adalah kabel, ember, dan plastik. Plastik yang lebar sangat dibutuhkan untuk menahan air kotor yang keluar dari ac ketika disemprot agar tidak mengenai dinding.
Biaya menyewa tempat usaha rp 3 juta sampai dengan rp 6 juta dan biaya membeli meja dan kursi sekitar rp 1,5 juta.Tempat usaha harus memiliki telepon minimum satu unit dan tidak boleh dipakai untuk hal lain. Kalau bisa telepon ini hanya menerima pesanan konsumen supaya konsumen percaya pelayanan sangat cepat. Konsumen usaha ini biasanya pemilik rumah di daerah kompleks perumahan. Oleh karenanya, tempat usaha harus dekat dengan kompleks perumahan

Sumber :
Http://cetak.kompas.com
http://kamissore.blogspot.com

Jumat, 11 Maret 2011

Usaha Jahit Baju Muslim Banjir Pesanan


Menjelang pelaksanaan ibadah puasa Ramadhan, sejumlah penjahit Pakaian mulai kebanjiran order menjahit. Pesanan itu datang mulai dari kalangan pribadi, hingga dari beberapa konveksi yang memberi order jahitan Pakaian karena banyaknya pesanan. Banyaknya pesanan membuat omzet sejumlah penjahit melonjak 150 persen.

Biasanya dalam sepekan omzet menjahit sekitar Rp 2 juta, kini mampu mencapai Rp 5 juta. Meski saat ini terbilang laris, namun para penjahit Pakaian Muslim tidak mematok harga tinggi untuk jahitannya. Hal ini, untuk menjaga pelanggan tidak lari ke penjahit lain. Menurut Hamdan yang membuka usaha jahit Pakaian Muslim di bilangan Cipulir, Jakarta Selatan, order menjahit sudah banyak berdatangan kepadanya sejak akhir Juli lalu. Namun, karena keterbatasan tenaga penjahit dirinya hanya menerima sedikit saja. Hal ini dilakukannya untuk menjaga kualitas atas Busana Muslim yang telah dijahitnya.

"Rata-rata yang datang ibu-ibu dan sebagian di antaranya adalah langganan. Mereka biasa menjahit di sini, karena jika beli jadi di mal modelnya pasaran dan belum tentu ukurannya pas di badan," jelasnya kepada beritajakarta.com, Selasa (11/8).

Mengenai ongkos jasa menjahit Baju Muslimah, dirinya tidak mematok harga tinggi. Karena baginya yang terpenting adalah dapur keluarganya tetap mengepul dan keuntungannya bisa untuk keperluan belanja lebaran nanti. "Satu stel baju harga jahitnya antara Rp 150.000 sampai Rp 350.000 dan itu belum termasuk bahan. Besar kecilnya ongkos tergantung tingkat kesulitan model yang dipesan, tapi yang jelas hasilnya memuaskan," ujarnya.

Hal senada diungkapkan Rizal yang membuka usaha jahit Baju Muslim di Cipulir sejak 10 tahun terakhir. Menurut bapak dua anak asal Sumatera Barat ini, sejak sebulan terakhir banyak menerima lemparan order jahit Busana Muslimah dari konveksi atau pabrik. Namun, hal itu sebatas pada pembuatan Baju Muslim dan mukena saja. "Lumaya kalau mau bulan puasa gini banyak pesanan Pakaian Muslimah. Makanya kita ngebut ngerjainnya biar bisa ngambil order lagi," katanya.

Dalam kondisi banyaknya order, para penjahit Busana Muslim berharap tidak ada pemadaman bergilir karena bisa mempengaruhi waktu pengerjaan. "Mudah-mudahan tidak mati lampu, jadi pesanan Busana Muslimah bisa selesai sesuai jadwal perjanjian," harapnya.

beritajakarta.com

Sumber : kamissore.blogspot.com

Air Minum Isi Ulang


Berikut ini tips menarik dan efektif buka depot air minum :
1. Pelajari Market dan Lokasi anda
—– Dimanapun kota anda, cek pasar air minum galon di kota anda, apakah masyarakat sudah mulai mengkonsumsi air dalam galon ? atau masih terbiasa dengan merebus air ? Jadi semakin di daerah anda yang buka depot air minum, tandanya semakin banyak orang yang menkonsumsi air dalam galon. Tidak perlu takut buka depot di tempat yang sudah banyak depot air minum dibuka.. Justru lebih takut bila tidak ada orang yang buka depot di daerah anda.

2. Pelajari Kompetitor yang ada
—– Lakukan survey ada berapa depot di kota anda, harga, omset per hari, kualitas (UV / RO), armada sales, armada pengiriman, bonus, promosi, dan tanyakan masyarakat kenapa pilih yang ini atau yang itu.. semakin lengkap data anda, akan memudahkan anda untuk menyusun strategy pemasaran dan penjualan.
Biasanya orang mau buka depot hanya melihat depot lain buka dan banyaknya depot yang ada, tidak memikirkan hal tsb, sehingga bisa dikatakan : LATAH atau BEO saja, hanya ikut ikutan saja, tanpa tau arahnya kemana dan bagaimana buka depot yang baik dan benar.

3. Pelajari Cara Pemasaran dan Penjualan
—– Seperti yang saya katakan sebelumnya, pelajari pemasaran dan penjualan yang ada di kota anda. Dan amati depot depot yang ramai dikunjungi orang dan amati mengapa bisa ramai, mengapa bisa digemari masyarakat.

4. Siapkan Strategy
—– Anda perlu berpikir keras dan putar otak untuk yang satu ini. Anda tidak bisa mengandalkan REJEKI maupun HOKI saja dalam membuka depot air minum, spt anda menunggu orang datang untuk membeli air dari anda? Kita tau kan bahwa kita tidak pernah tahu kapan datang nya REJEKI ? Maka dari itulah, kita kerjakan dengan strategy yang benar, dan efektif., agar anda dapat memperoleh omset yang baik dan modal pun cepet kembali.
Nah ! FujiRO sangat handal untuk masalah yang satu ini..

5. Siapkan Waktu anda untuk FOKUS
—– Anda bukan hanya membeli depot dan biarkan tumbuh begitu saja, tanaman pun harus anda sirami dan rawat agar bisa bertumbuh dengan baik.. Jadi siapkan waktu anda minimal 6 bulan untuk FOKUS dalam menangani DEPot anda. KAlau anda tidak ada waktu, anda bisa merekrut orang untuk melakukannya. Apabila tidak, saya sarankan anda tidak membuka depot deh..
FujiRO akan senantiasa memberikan pelatihan kepada anda dalam mengembangkan depot anda.

6. Yakinkan diri bahwa anda bisa berhasil
—– Apabila anda masih ragu, jangan sekali sekali melangkah.. karena dijamin pasti gagal ! Orang yang yakin aja belum tentu berhasil, karena buka depot air minum tidak semudah buka warung bakso maupun counter hp.

7. Pelajari Kelebihan Anda dan Depot anda
—– Apa kelebihan depot anda ? apakah kelebihan anda dalam mengelola depot agar dapat menjaring pelanggan dalam jumlah yang banyak dan dalam waktu yang singkat ? Apabila depot anda tidak beda dengan depot yang ada, maka.. bagaimana anda bisa merebut pasar yang sudah ada dan sudah lebih senior dari anda ?

8. Siapkan budget anda, jangan memaksakan budget anda
—– Banyak sekali yang menanyakan kepada saya untuk masalah budget ini.
hampir 85% budget yang mereka sediakan adalah dibawah 10 juta, 65% dibawah 15 juta. Tetapi mereka ingin kelangkapan yang setara dengan depot air minum yang ada di kotanya.
MEmang bisa dengan budget tsb mendapat perlengkapan yang lengkap, tetapi KUALITAS nya sudah dipastikan adalah kualitas yang kurang baik, sehingga dalam waktu yg sangat singkat, kualitas air minum akan menurun drastis sehingga banyak sekali kendala yang dihadapi. Maka tidaklah heran kalau depot air minum isi ulang mendapat sorotan publik, yang salah satunya adalah terdapat BAKTERI di dalam airnya.. Inilah yang terkadang memberikan dampak negatif kepada dunia depot air minum di Indonesia.
Jadi jangan paksakan budget anda, untuk mendapatkan kelengkapan yang anda inginkan.
Sebenarnya, kalau jual air minum anda bisa mulai dari modal 5 juta ! Saya pun memulai usaha FujiRO ini dengan modal 5 juta.

9. Pilih produk yang berkualitas
—– Jualan air minum adalah bukan hanya 1 th maupun 2 th, melainkan selamanya.. spt kita jualan beras dll. Apalagi air adalah kebutuhan hidup nomor 2 setelah udara !
Pastikan produk anda adalah ber KUALITAS. Ingat ini : MONEY NEVER LIES ! duit ga bisa bohong.
Tetapi kadang ada juga supplier yang cukup ‘pandai’ menjual barang murah, dengan harga yang lebih tinggi dari barang yang berkualitas.. he..he..he..
Terus terang.. FujiRO lebih suka menjual air daripada menjual mesin, karena jual mesin untung hanya satu kali, tapi kalau jualan air, untungnya :berkali kali.. !
Oleh karena itu, FujiRO hanya menggunakan produk KUALITAS A, alias TERBAIK !!

10. Amati kualitas dan harga nya
—– Silahkan cek harga dan kualitas, bilamana perlu mintalah breakdown harga masing masing spesifikasi yang diberikan, bahkan merk maupun negara asal barang itu dibuat.
Jarang supplier yang mau memberikan harga satu per satu spesifikasi barang yang tercantum di spesifikasinya
Sebagai salah satu contoh, FujiRO menjual salah satu produk hanya 1.3 jt tapi di pasaran banyak yang menjual dengan harga diatas 3 juta bahkan 5 juta ! hehe

11. Cek keberadaan supplier
—– Waspadalah.. waspadalahh.. teliti sebelum membeli.. cek keberadaan supplier, baik pribadi, kantor, maupun data referensi nya.. karena di dunia ini, pasti ada yang namanya OKNUM..

12. Tanyakan supplier, apakah sudah mempunyai pengalaman buka depot ?
—– Apakah anda sudah mempunyai PENGALAMAN buka depot ? Bila tidak? kemana anda akan bertanya dan belajar ? Karena banyak sekali di pasaran supplier yang hanya jual beli mesin dan spareparts saja tanpa tahu kualitas barang yang dijual tersebut.

13. Tanyakan supplier, apakah dapat membantu anda dalam pemasaran dan penjualan ?
—– Apakah anda sudah PINTAR dalam hal pemasaran dan penjualan ? Tentu saja anda tidak belajar dari PESAING anda bukan ? Nah kepada siapa anda akan belajar ? anda mau belajar dari pengalaman ? hehehe.. ya kelamaan atuuuh… ! hihihi.. mie aja skrg ada mie instant..
Itulah KELEBIHAN FUJIRO.. ! karena kami tidak sekedar meenjual alat / mesin, tapi kami memberikan PELATIHAN PEmasaran dan PEnjualan yang UNIK dan EFEKTIF.. dan semua itu anda dapatkan GRATIS !!

14. Tanyakan supplier berapa lama jam terbang di dunia air minum ?
—– Pengalaman adalah GURU YANG BAIK.. pengalaman bisa dibagikan kepada sesama untuk dapat lebih baik tanpa harus melalui duka dan duka..
Saya sarankan anda belajar kepada yang mempunyai pengalaman yang cukup dan semakin banyak pengalaman, akan semakin baik bagi anda untuk belajar..
FujiRO memulai usaha ini sejak 2001, dan anda bisa cek di internet, FujiRO adalah No.1 dan TERBAIK.

15. Pelanggan adalah RAJA
—– Jangan pernah mendebat pelanggan. Berdebat adalah merugikan anda sendiri. Perlakukan PElanggan seperti RAJA. Layani sepenuh hati, berikan yang terbaik, berikan lebih daripada yang diharapkan… niscaya akan baik untuk anda walau di kemudian hari dampaknya

16. Lakukan Recruit Marketing setiap waktu
—– Banyak sekali depot yang hanya mempunyai marketing kurang dari 5 orang. Kunci keberhasilan depot adalah di marketing / salesman.. INGAT : SUKSES tidak SENDIRIAN !

17. Lakukan pencarian pelanggan setiap waktu
—– Jangan terlena dengan apa yang anda dapatkan sekarang.. INGAT : HIDUP TIDAK PASTI, maka kita cari yang pasti pasti saja , so… carilah pelanggan lebih banyak lagi setiap waktu

18. Lakukan catatan, admin dengan rutin, teliti dan tepat
—– Catatan ini sangat lah penting dan sangat membantu kita utnuk melihat statistikm dan bahan untuk membuat stragtegy di kemudian hari..

19. Lakukan inovasi dalam promosi, perbanyak alat promosi
—– Kita sendiri mudah bosan.. apalagi pelanggan kita ? buatlah inovasi setiap waktu untuk merangsang dan menyegarkan angka penjualan anda.. Percayalah..

20. Jagalah kualitas setiap waktu
—– TERLENA ! itulah kata yg paling tepat bagi anda yang telah mempunyai omset yg banyak.. yang anda kira : GINI AJA LAKU ?? haha.. silahkan saja anda berbuat demikian..
JAGALAH KUALITAS setiap waktu.. pastikan KUALITAS adalah makin hari makin baik !

Nah ! itulah sepintas tips dari saya, yang saya kumpulkan berdasarkan pengalaman saya pribadi di lapangan.
Semoga bermanfaat…

Jogjakarta, 3 Maret 2010
Good Luck, Good Health !
signNEW Tips Buka Depot

FUDJI WONG

Sumber : www.fujiro.com

Kamis, 10 Maret 2011

Acep tergiur bisnis aksesoris sepeda motor


Perubahan hidup drastis pernah dialami Acep Hollyludin. Profesinya sebagai broker komoditas berjangka yang kesehariannya menuntut penampilan yang keren (berjas rapi) dalam sekejap harus berubah. Untuk menyambung hidup ia bahkan harus memanggul dagangan pakaian yang ia jajakan di kaki lima. Penghasilannya pun tak seberapa, Tetapi dengan tekun ia jalani. Sekarang, dalam kurun waktu 10 tahun, hidupnya sudah berubah. Kini ia memiliki 13 gerai penjualan aksesoris sepeda motor plus sebuah restoran. Apa yang ia lakukan?

Awal tahun 1990-an Acep hijrah ke Jakarta dari Bandung yang kemudian bekerja di sebuah restoran fast food. Tahun 1996 ia pindah haluan dan memutuskan menjadi broker perusahaan future trading (bursa komoditas) karena tergoda penghasilan lebih tinggi. Dari sini penghasilannya meningkat. Ia bahkan bisa mengelola investasi sendiri. Tentu saja penghidupannya juga meningkat. Selain bekerja lebih baik penampilan kesehariannya juga keren, berjas dan berdasi.

Namun hidup enak itu tak berlangsung lama. Krisis ekonomi yang melanda Indonesia merontokkan semuanya. Tidak hanya bangkrut, lebih dari itu, ia juga dituntut oleh para nasabahnya. Harta Acep pun ludes untuk memenuhi tuntutan. Padahal saat itu ia baru menikah. DI tengah kegamangan memikirkan hidup, seorang temannya mengajak berjualan pakaian di kaki lima. Pakaian beli di Tanah Abang lalu dijual di Monas atau Masjid Istiqlal. Lumayan ia dapat penghasilan. Pada bulan keempat ia sudah punya tabungan Rp 700 ribu. Ia beli Vespa tua untuk meningkatkan mobilitasnya.

Dalam perjalanan keliling-keliling Jakarta suatu ketika ia menemukan ide bahwa berjualan aksesori sepeda motor merupakan bisnis yang menjanjikan. Dengan modal sekitar Rp 750.000 dari hasil jualan pakaiannya ia pun beralih profesi dan mencoba bisnis aksesori sepeda motor. Seperti juga bisnis pakaiannya, jualan aksesoris sepeda motor pun ia lakukan di kaki lima. Cuma untuk mengantisipasi penertiban, ia gunakan gerobak sebagai tempat berjualan biar mudah membawa dagangan. Sejak saat itulah Acep berbisnis aksesoris sepeda motor. Sekarang bisnis aksesoris sepeda motor Acep sudah berkembang menjadi 13 outlet dengan mempekerjakan 37 orang dengan home base di Palmerah, Jakarta Selatan dengan gerai bernama KST Art Bikers. Ini belum ditambah satu restoran. (Den Setiawan, den.setiawan@yahoo.co.idAlamat e-mail ini diproteksi dari spabot, silahkan aktifkan Javascript untuk melihatnya . KIsah para pengusaha aksesoris sepeda motor lainnya dan tips berbisnis aksesoris sepeda motor ada di buku Seri Peluang Usaha: Otomotif)

Sumber ; www.majalahduit.co.id

Modifikasi Plat Nomor, Usaha Yg Menguntungkan


Bagi Suharno (45) warga Jepara yang sehari-harinya membuka usaha reklame , plat nomor merupakan rezeki tersendiri baginya karena dari plat nomor itulah dia bisa menghidupi keluarganya . Setiap hari setidaknya Rp 30.000,- - 40.000,- dia dapat keuntungan dengan memodifikasi plat nomor kendaraan roda dua atau roda empat. Dengan ketrampilan yang didapatkan dari ikut orang dalam usaha yang sama ditambah bahan baku seperti cat, mur baut dan juga lembaran seng dia menyulap nomor plat nomor polisi kendaraan roda dua maupun empat model biasa menjadi nyeni dan enak
dilihat.

Bagi yang tidak mempunyai jiwa seni atau maliter ( istilah jawanya) Nopol kendaraan yang didapatkan dari kantor samsat dipasang begitu saja tanpa sentuhan seni , namun bagi yang maliter setelah dapat nopol maka nopol tersebut dibawa ke tukang modifikasi dulu setelah di kasih tambahan plat besi dan cat ulang baru dipasang . Selain dilihat nyeni juga kondisi plat nopol menjadi agak kuat sehingga sulit copot dari goyangan inilah yang menjadikan usaha modofikasi plat nopol ini laris.

“ Kalau dipasang sendiri tanpa dikasih plat seng tambahan biasanya gampang copot , namun kalau disini dengan tambahan plat menjadi lebih kokoh . Adapun angkosnya jika menambah plat Cuma Rp 15.000,- namun jika tambah dimodifikasi cat baru ongkosnya Rp 25.000,- . Ya tambah ongkos sedikit tidak mengapa yang penting kelihatan modif gitu “ kata seorang pelanggan bang harno dengan membawa plat nopol kendaraan roda dua dan roda empat.

Bang Harno yang membuka kios kecil pinggir jalan di sebelah utara Stadion Kamal Junaidi mengatakan usaha yang ditekuni lima tahunan ini lumayan hasilnya , setiap hari pasti ada orang yang memodifikasikan nopol kendaraannya . Untuk tarif tanpa cat ukuran kendaraan roda dua Rp 15.000,- jika ditambah cat baru Rp 25.000 ,- , jika untuk kendaraan roda empat ongkosnya dua kali lipatnya. Selain menerima modifikasi nopol kendaraan dia juga membuat replica nopol kendaraan roda dua atau roda empat kecil yang dipasang di kunci kendaraan , membuat papan nama , dan juga stempel. Namun dia mengaku yang ramai orderan biasanya memodifikasi nopol kendaraan baik roda dua maupun empat. Saking ramainya pernah pekerjaan itu harus ditinggalkan oleh si pemilik dan dia kerjakan dirumah bersama satu orang pegawainya yang membuka lapak tepat didepan rumahnya .

“ Pertama membuka kios di rumah Alhamdulillah orderan lancar maka sayapun merekrut satu orang untuk saya ajari memodifikasi nopol kendaraan dan setelah lancar diapun saya pasrahi untuk menjaga lapak yang di rumah . Dan sayapun membuka kios kecil ini 300 meter dari rumah saya dan Alhamdulillah disini juga ramai “, aku mas Suharno sambil memasang nopol salah satu pelanggannya yang sudah jadi.

Ketika ditanya modal yang dibutuhkan untuk membuka usaha modifikasi nopol kendaraan, menurutnya tidaklah banyak justru yang dibutuhkan adalah ketlatenan dan mau belajar. Untuk bahan-bahan yang dibutuhkan adalah cat semprot, plat seng, mur baut dan alat berupa obeng dan bila ingin mengkilat ditambahkan braso. Jika dihitung bahan dan alatnya tidak ada 1 juta rupiah , yang menghabiskan biaya banyak yaitu pembuatan kios, namun jika tahap awal dapat dibikin yang sederhana saja dulu. Oleh karena itu menurutnya siapa saja bisa membuka usaha modifikasi nopol kendaraan ini , apalagi anak-anak muda yang berjiwa seni. Menurutnya usaha ini jika ditekuni dengan baik sangatlah menguntungkan , karena dari waktu ke waktu jumlah kendaraan roda dua makin banyak dan kebanyakan pemiliknya para kawula muda yang ingin gaya sehingga jika kendaraannya baru mereka pasti memodif nopol.

“ Ya semua usaha pasti ada kendalanya , namun usaha ini kendalanya tidak banyak paling ya sepi jika tidak ada orderan pembuatan nopol , oleh karena itu selain modif nopol bisa ditambah usaha lain seperio pembutan stempel dan papan nama atau yang lain. Bagi yang ingin terjun usaha modif nopol ini masih terbuka lebar kesempatannya , jangan takut untuk mencoba “ tambah bang Harno lagi ( FM)

Sumber :ekonomi.kompasiana.com

Peluang Usaha Bikin Website Bagi Orang Awam


Peluang Usaha membuat website terkesan harus pintar dan mahir ilmu pemrograman PHP dan juga ahli design Photoshop atau Illustrator. Namun Peluang Usaha ini sebenarnya bisa dilakukan siapa saja yang setidaknya tahu tentang komputer. Lho? kok bisa ? ya bisa dong, Peluang Usaha kan ga harus buat yg pinter saja tapi yg kreatif memanfaatkan Peluang Usaha boleh dan berhak kok iya tho ?.

Lalu Bagaimana memulai Peluang Usaha ini ? Tenang saja, untuk pertama kali yang harus anda ketahui adalah, pada prinsipnya ilmu design harus anda coba walaupun tidak advance/canggih lama lama akan bisa, caranya silahkan anda maen ke toko buku dan carilah dasar dasar design photoshop atau sejenisnya yg disertai video tutorial didalamnya, hal ini akan memudahkan anda belajar, dalam waktu satu bulan jika anda tekun akan terlihat manfaatnya dan siap menyambut Peluang Usaha ini.

Yang kedua, anda harus tahu bagaimana website itu bekerja, website terdiri dari dua komponen yaitu domain dan hosting , domain adalah nama website tersebut yang biasa anda ketikan berakhiran .com dan bbrp extension lainnya sedangkan hosting adalah tempat dimana anda menyimpan hasil design dan file website anda. Peluang Usaha ini pada prinsipnya hanya dua hal tersebut, makanya mulai dari awal jauhkan dulu pikiran bahwa Peluang Usaha ini susah untuk dilakukan, ternyata mudah dan tidak sulit.

Ohya hampir lupa, selain beli buku design belilah satu buku lagi tentang dasar membuat website, jika ingin Peluang Usaha ini bisa anda coba lebih cepat, maka dua buku tentang hal tersebut sebaiknya anda punyai, ingat klo bisa yang ada video tutorialnya. Karen akan sangat memudahkan bagi anda untuk belajar.

Peluang Usaha ini bisa anda mulai dengan mencoba membuat website statis hasil design anda sendiri dan bisa juga langsung memakai system berbasis CMS misal joomla atau wordpress. Peluang Usaha yang cukup mengasyikan jika anda bisa menekuninya. Walau anda awam dibidang ini anda akan senang jika sudah berani mencobanya. Peluang Usaha ini saya rasa akan terus dibutuhkan di masa yang akan datang karena tuntutan dunia Online yg memang tidak terlepas dari peran web developer seperti anda jika sudah mencobanya.

Manfaatkan Peluang Usaha ini, Jangan sampai Peluang Usaha ini terbuang sia sia.

Semoga Berhasil.

Tips :
* Untuk langsung mencoba bisa langsung ke www.blogger.com , syaratnya harus memiliki email tidak harus di gmail. Blogger ini adalah fasilitas web yang gratis, masih ada banyak yg lain seperti wordpress, multiply dll. Tutorial bisa juga didownload di internet.

Sumber ; www.niatusaha.com

Peluang Usaha Makelar HP Jadul


Peluang Usaha Makelar HP Jadul atau Low End sebenernya mempunyai profit yang cukup lumayan. di sini Penulis hanya ingin berbagi cerita soal Peluang Usaha makelar HP low End. ( HP Low End asumsi penulis yaitu HP jadul seperti Nokia 3310 Siemens C35 dll heheh .. namun sekarang sudah banyak model HP baru yg low end harga sekitar 250 sampai 375 rebon.) Jadi anda bisa juga terapkan di HP model baru tapi yg harganya cukup miring.
Pada suatu saat penulis mampir di suatu warung sambil ngobrol dengan bapak bapak yg lagi menikmati Teh hangat dan gorengan, ada seorang bapak sebut saja namanya Kadir ( bukan nama sebenarnya) dia menawarkan HP, ke beberapa bapak yg ada disitu dan juga cerita soal barang dagangannya yg laku sebelumnya. Usut punya usut eh ternyata nih bapak sering naek motor sana sini ternyata hunting HP murah dan dijual lagi.. walalu untung 20-30 ribu satu HP tapi dia bisa lebih dari satu HP yang terjual dalam sehari. Peluang usaha ini ternyata bisa disiasati oleh rakyat kecil apalagi Anda yg masih muda dan punya banyak waktu dan relasi, tentu saja berburu HP low end tidak sulit dan menjualnya pun tidak sulit juga melihat kondisi ekonomi kita yg lagi melilit maka bagi sebagian masyarakt kecil HP low End menjadi pilihan bijak hanya sekedar untuk komunikasi dengan Keluarga Sanak Famili dan juga kolega. So, apakah anda minat muter sana sini mencari HP Low End dan menjualnya lagi ? ini sebuah Peluang Usaha juga yang bisa Anda manfaatkan. Ingat Peluang Usaha ini juga mempunyai profit yg lumayan, tanpa harus punya konter HP anda bisa jualan juga. Salam Peluang Usaha !

Tempat Barang Loak di Jakarta :
1. Pasar loak Mayestik, Jakarta Selatan
2. Pasar Rumput Manggarai
3. Pasar loak Kampung Melayu (belakang RS Mitra)

Sumber : www.niatusaha.com

Peluang Usaha Mainan Anak


Peluang Usaha Jual mainana anak anak sebenarnya sangat dahsyat keuntungannya. Peluang Usaha ini tidak membutuhkan modal financial yang terlalu besar namun profit bisa lebih dari 100%. Peluang Usaha ini saat ini banyk di geluti kawula muda, coba lihat saja di depan sekolah anak anak atau adik adik anda, banyak yg berjualan mainan, apalagi di jam jam istirahat sekolah. Ya benar, Peluang Usaha ini juga digeluti tetangga penulis, usut punya usut, cerita punya cerita, Peluang Usaha ini sangat mudah dilakukan.

Sebagai contoh saja, Tetangga saya, misal dia jualan satu mainan anak modal dia untuk belanja ke produsesn 5 mainan misalnya Rp.2000 maka dia bisa menjual 1 mainan Rp.750 sampai Rp.1000, apalagi jika belanja nya grosir jatuhnya bisa sangat lebih murah lagi. Peluang Usaha ini memang butuh tenaga, kendaraan bermotor ataupun sepeda dan keliling di sekolah sekolah tapi saat jam jam istirahat dan sebelum masuk sekolah saja biasanya, karena di jam itu banyak anak anak yang menghabiskan uang saku mereka untuk jajan makanan ataupun mainan. Jangan malu jika ingin menangkap Peluang Usaha ini, karena Peluang Usaha ini sangat sangat menguntungkan. Anda berani mencoba ? datangkan keuntungan yg berlipat ganda dengan mangkap Peluang Usaha ini.
Semoga Sukses dan Salam Peluang Usaha !

Pusat Grosir Mainan Anak:
1. Pasar Gembrong, By Pass dekat pedati-jatinegara
2. Pasar Pagi lama jl Asemka

Sumber : www.niatusaha.com

Rabu, 09 Maret 2011

Cara Mendirikan Yayasan/LSM/PKBM/KURSUS


Sekedar membagi informasi aja karena sudah beberapa bulan ini penulis sedikit banyak tahu mengenai seluk beluk pengurusan suatu lembaga, baik itu berupa lembaga sosial atau yang lainnya, dan ini tidak hanya bergerak dalam satu bidang aja tapi dibeberapa bidang, keuntungan dengan adanya legalitas lembaga suatu kegiatan akan terfokus, terarah, dan dapat mencapai misi dan visinya, legalitas suatu badan akan mempunyai nilai plus tersendiri, baik itu dimata kolega maupun lembaga yang lain yang menjadi mitra kerjanya, oleh kerena itu sekiranya kita dapat membagi atau share bagi siapa yang ingin membangun suatu lembag, untuk mendirikan suatu yayasan atau lembaga yang lain memerlukan beberapa persyaratan, diantaranya :

YAYASAN/LSM

Ada Dewan Pembina minimal 1 orang

Dewan Pengawas Minimal 1 orang

Ada pengurus harian yang terdiri dari ketua, bendahara dan sekretaris

Photo Copy KTP semua anggota Yayasan/LSM

Surat Domisili Lembaga dari Kepala Desa Setempat

(Semua ini dibawa ke Notaris)

Notaris akan membuat copian Akta untuk persyaratan Pembuatan NPWP (peryaratan sama dengan diatas)

Pengesahan ke DEPKUMHAM Jakarta (Setahun baru keluar) oleh Notaris,

Untuk biaya pembuatanb Akta Notaris sekitar Rp. 300.000,-

Untuk biaya pengurusan ke Jakarta relative tergantung negonya ama Notaris biasanya 2 juta keatas

Catatan :

Tapi selama menunggu pengesahan dari Depkumham, lembaga sudah dianggap legal karena telah memiliki akte Notaris.

Segera untuk melengkapi legalitas lembaga dengan membuat AD/ART lembaga, Formatur Lengkap, Struktur Lembaga, Pengurusan Rekening Lembaga, Stempel Lembaga, dll.

LEMBAGA KURSUS, PKBM (Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat)/TBM (Taman Belajar Masyarakat), PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini), DLL

Ada Dewan Pembina minimal 1 orang

Dewan Pengawas Minimal 1 orang

Ada pengurus harian yang terdiri dari ketua, bendahara dan sekretaris

Photo Copy KTP semua anggota Yayasan/LSM

Surat Domisili Lembaga dari Kepala Desa Setempat

(Semua ini dibawa ke Notaris)

Notaris akan membuat copian Akta untuk persyaratan Pembuatan NPWP (persyaratan sama dengan diatas)

Mengurus Surat Izin Operasi Dari Dinas Pendidikan Kabupaten Setempat

Info Dinas Pendidikan bisa lihat disini aja.
DOWNLOAD AD/ART DLL

Sumber gambar :misbakhudzikri
Sumber :yapono.wordpress.com

Selasa, 08 Maret 2011

Kaos Kreatif bagian dari Patchwork Quilt


Saya tak menyangka sebelumnya bahwa usaha mengisi waktu luang membuat kaos kreatif sulam perca yang berawal dari tema-tema simpel untuk anak-anak ini merupakan bagian dari hobby “tua” yang orang bule bilang “patchwork” maupun “quilting”. Para hobbiest crafting jenis ini –di luar negeri sana— sangat terorganisir dengan baik.

Saya cenderung melihat karya-karya para crafter patchwork quilt bule-bule ini sebagai karya crafter profesional, bukan lagi sekedar hobbiest. Bahkan mungkin sebenarnya patchwork itu sendiri telah menjadi bagian dari industri hobby yang telah mapan dan jelas konsumennya di daratan eropa atau amerika sana.

Sedikit tentang patchwork, secara mendasar ia adalah sebuah aktivitas atau proses menggabungkan/menyatukan lembaran-lembaran material (material yang biasa digunakan adalah kain perca) membentuk motif-motif tertentu (yang dikehendaki) baik motif nyata maupun abstrak.

Oleh sebab itu masuk akal jika kemudian patchwork dikategorikan dalam bagian aktivitas seni, yang memang karyanya sangat dipengaruhi oleh inisiatif/inovasi “taste” si seniman patchwork itu sendiri… Ada crafter yang menggemari pola-pola/pattern symetric, ada pula yang cenderung berkarya dalam pola-pola sebaliknya (asymetric).

Bertolak dari hal ini, saya punya ambisi pribadi, lebih tepatnya sih sebuah rencana jangka panjang atau cita-cita kali yee…”ingin sekali menjadikan aktivitas yang awalnya iseng –patchwork quilt—ini menjadi benar-benar hobby yang kemudian mampu memberi “manfaat” tidak lagi hanya bagi saya, namun buat orang-orang di sekitar kami (Tim Kaos Kreatif)

Sumber kaos-kreatif.com

Tas aneh dan Lucu




Tas aneh dan lucu berikut ini bisa menjadi contoh yang bagus untuk contoh model tas anda.


Sumber :terselubung.blogspot.com

Tas Daur Ulang untuk Inspirasi Anda






Dewasa ini tentu Kawan Ruang Nol sudah sering melihat tas-tas daur ulang yang menjanjikan pesan ramah lingkungan. Namun sayangnya, sampai saat ini yang umum kita lihat di pasaran adalah tas daur ulang dengan bahan dan bentuk yang begitu-begitu saja. Kali ini tim Ruang Nol mencoba menggali lebih dalam ide-ide kreatif lainnya yang mungkin bisa menjadi referensi ide kreatif selanjutnya! Tertarik untuk mencoba bereksperimen dengan “sampah” di sekitar Anda? ;D

Jadi, apa saja “sampah” yang bisa didaur ulang menjadi tas?
1.Tutup Botol Bekas
2. Peta Bekas
3. Buku Bekas
4. Tutup kaleng Bekas
5. Pembatas jalan Bekas
6. Billboard bioskop bekas/Banner/Spanduk
7. Koran Bekas
8. karung goni Bekas
9. Plat Mobil Bekas
10. Ban Bekas

Gambar lainnya bisa liat di sumber informasi.
Sumber : ruangnol.wordpress.com

Mie Singkong Diantara Lenguh Sapi


Liputan6.com, Bantul: Mi organik berbahan baku singkong kini kian langka karena tergerus persaingan. Namun Yasir Ferry dari Bantul, Yogyakarta, tetap eksis dengan mi lethek warisan kakeknya sejak 1940-an.

Mi dengan merek dagang Garuda yang dibuat Yasir lebih dikenal dengan sebutan lethek karena warnanya dekil. Uniknya, mi yang dibuat dia tanpa bahan pengawet. Menggilingnya juga masih menggunakan tenaga sapi.

Keaslian itu membuat mi Yasir memiliki pelanggan setia. Bahkan kini makin dikenal luas. Jika dulu produksinya hanya tiga sampai enam kuintal, kini mencapai satu ton tiap kali produksi.

Tak hanya membuat mi organik, Yasir juga memberdayakan warga sekitar untuk membantunya. "Kita sengaja tak menggunakan banyak mesin supaya banyak tenaga kerja dari sekitar bisa bekerja di sini," ujar Yasir.

Dengan begitu, Yasir berharap, warga sekitar tak perlu keluar kota untuk bekerja. Tapi cukup di daerah sendiri untuk mendapat penghasilan. "Juga bisa mengembangkan desa kami, desa kelahiran kita ini," lanjut Yasir.

Untuk menunjang kelancaran produksi, Yasir mengganti sejumlah mesin. Termasuk mesin pembuat mi dengan yang lebih efisien. Buntutnya, produksi mi kian banyak, bahkan menjadi produk ketahanan pangan masyarakat Yogyakarta.

Sistem pemasarannya masih secara langsung. Artinya, Yasir memenuhi permintaan langsung masyarakat sekitar Bantul dan Yogyakarta. Namun, ada juga permintaan dari luar kota. "Permintaan dari luar daerah, sudah banyak," ungkap Yasir.(ULF)

Sumber :www.liputan6.com

Patung Mini Tokoh Indonesia


07/03/2011 07:14
Liputan6.com, Jakarta: Berawal dari hobinya mengumpulkan figure action, Ario Hendrasto dari Kemang, Jakarta Selatan, kini menggeluti bisnis yang menjanjikan. "Ini antara hobi dan bisnis," kata Ario, belum lama ini.

Bisnis yang dimaksud Ario adalah membuat patung mini berbentuk tokoh sukses maupun budaya Indonesia. Salah satu karyanya adalah patung duel Superman dengan Gatotkaca. Menurut Ario, ia sengaja membuat patung mini Gatotkaca untuk mengangkat dan menunjukan bahwa mainan lokal juga tidak kalah dengan produk luar negeri.

Produk terakhir buatan Ario adalah pion catur dengan tokoh pewayangan Kurawa dan Pandawa. Ada banyak tokoh nasional lain yang dibuat patung mini, seperti Bima, Arjuna, hingga Tukul. "Tokoh yang dibuat memang sosok terkenal. Itu sebagai cerminan atau contoh diri kita," kata Ario.

Cara membuat patung mini, pertama membentuk rangka dari kawat kemudian memasang "daging". Selanjutnya membuat detail dan ornamen serta "menciptakan" tokoh.

Hambatan yang dirasakan Ario saat menggeluti bisnis itu, adalah keterbatasan sumber daya manusia, pemasaran, dan peralatan atau mesin. Namun bagi Ario hal itu dijadikannya sebagai tantangan untuk lebih kreatif dan inovatif.(IAN)

Sumber : www.liputan6.com

Senin, 07 Maret 2011

Peluang Bisnis Sari Tebu......Segaaar



Mesin Pemeras Tebu, Mesin Penggiling Tebu, Mesin Giling Tebu, Mesin Sari Tebu (SUGAR CANE PRESSER)

Ada dijual mesin untuk menggiling tebu / memeras tebu. Dengan mesin ini, Anda bisa memeras tebu, dan mendapatkan air tebu. Air tebu bisa Anda gunakan untuk minuman, atau keperluan bisnis lainnya. Mesin ini sangat cocok untuk industri pengolahan tebu skala usaha kecil menengah

MODEL BARU (MANUAL)

Toko Mesin Maksindo menyediakan mesin pemeras tebu manual (manual sugar cane pressure)

Mesin pemeras tebu manual adalah alat manual untuk memeras tebu. Bisa dimodifikasi menggunakan motor bensin/solar (sudah tersedia tempat van belt)

Dengan mesin peras tebu manual ini, Anda menjadi lebih mudah untuk memulai usaha sari tebu alami, dengan modal kecil. Dengan mesin ini, Anda bisa membuat minuman tebu dengan aneka variasi sajian : es tebu, sari tebu hangat, dll

Tipe Manual (BARU)
* Tipe : MFM-160
* Harga : RP 2.450.000

Mesin Pemeras Tebu

Keunggulan Mesin Ini

*
Tebu digiling / diperas hanya sekali proses, tidak perlu diulang-ulang.
*
Tampilan mesin elegan dan aman dalam pemakaian bagi operator
*
Higienis, cocok untuk usaha di mall atau restoran
*
Menggunakan listrik dengan daya kecil
Ada lagi mesin dengan tipe yang lebih besar kapasitasnya dengan harga yang lebih tinggi dari yang manual. Ini tentunya disesuaikan dengan kebutuhan dari wirausahawan.

Hal penting lain yang perlu diperhatikan usaha air tebu ialah pasokan batang tebu yang rutin untuk kelangsungan usaha kita.
Sumber : www.saritebu.com

Ide Bisnis: Budidaya Belut di Air Jernih Potensi Mengiurkan



Sekarang Indonesia sedang digalakan untuk memakan-makanan yang berprotein tinggi salah satunya adalah belut. Namun belut masih sulit dan jarang di dapatkan dalam pasar–pasar karena belum banyak yang berbudidaya. Peluang inilah yang menggiurkan untuk digarap, dan berpotensi kearah ketahanan pangan dan swasembada belut. Belut dengan kandungan protein sampai 74 persen adalah sangat bermanfaat bagi kecerdasan anak dan cucu kita ke depan. Paradigma berpikir bahwasannya belut dapat berkembang hanya di Lumpur harus dihilangkan. Inti dari itu hewan transeksual ini dapat hidup karena ada air yang sehat.


Cara budidaya belut ini cukup sederhana, dapat dilakukan ditempat yang tidak memakan lahan banyak seperti di terpal, Seng, di drum yang tidak digunakan atau kolam permanen dll. Kalau ingin terjun menekuni budidaya belut hal yang diperhatikan adalah bibitnya, ciri-ciri belut yang baik antara lain pilih bibit belut yang berukuran “fiberling” seukuran batang rokok/pena seragam waktu pengiriman jangan terlalu lama maksimal 1 jam mengurangi stressing. Pilih belut yang berwarna cokelat kekuningan (oranye) berdada kuning, atau kecoklatan bening dan bertutul hitam. Apabila dipegang/ diangkat tidak melengkung lemas.
Ditempat penampungan kepala tidak mendongok ke atas dan tenang tetapi bergerak aktif posisi tetap dibawah dan dalam air. Kalau mau mengambil nafas mereka menjulurkan hidungnya keluar air langsung kembali ke dalam air dengan cepat. Warna disekitar insang cerah. Posisi perutnya masih dibawah jangan memilih belut yang sudah terlentang dipastikan tidak lama akan mati. Tidak luka atau cacat karena terkena penjepit/ pancing atau alat waktu menangkap. Pilihlah bibit belut yang dapat besar yakni berwarna kekuning-kuningan, coklat cerah bening, ada toto-totol hitam samar-samar, coklat agak kehijauan disekujur tubuhnya, kepala djendol dan dipunggug bagian ekor bergaris berwarna kuning cerah ada batikan/ motif terlihat jelas dibagian ekor. Bagian kepala ada corat coret berwarna kuning terlihat jelas, bibit yang punggungnya berwarna coklat kehitaman tetapi berdada kuning.

Budidaya belut di air jernih sangat efisien dan sangat menguntungkan. Caranya belut dari bibit tangkapan diadaptasikan dahulu ke dalam kolam yang komposisinya Lumpur yang nglenyet sedalam lutut orang dewasa, diatasnya gedebok pisang yang benar-benar busuk, diatasnya di taruhi jerami padi setelah itu diatasnya di kasih air jernih. Setelah satu bulan di taruh di kolam mediasi itu kemudian bulan keduanya Lumpur dikurangi tiap hari sampai habis, belum tidak kaget serta jadi terbiasa hidup diair jernih.
Pemberian pakan pokok yang disatrankan jumlah minimal perhari bulan pertama cacing merah dengan yuyu, bulan kedua dipakani cacing merah, cacahan keong, cacahan anak katak, cacahan ikan, bulan ke tiga diberi pakan keong separo dan anak katak, pada bulan ke empat sampai panen keong utuh dan anak katak utuh. Penggantian air rutin pada saat pemberian pakan yuyu, selama pemberian pakan keong pergantian air dilakukan seminggu sekali kita tetap menjaga air tetap jernih jangan sampai keruh karena pembusukan pakan.
Budidaya belut masih potensial selain pangsa pasarnya masih terbuka, belut yang mengandung protein besar sangat digemari dari restoran warung makan cafe, swalayan atau pasar luar negeri. Untuk satu kilogramnya dipasaran mencapai 35 ribuan, kalau dijual ke pengepul mencapai 20 ribuan. Dari bibit satu kintal bisa menghasilkan 1 ton belut panen. Modal 25juta dalam empat bulan dapat menghasilkan uang 60jutaan keuntutngan bersih setelah dikurangi beban bisa mencapai 20juta, jumlah angka yang menggiurkan.

Sumbangan artikel dari :

Harmono

Penggiat Pusat Pelatihan Pertanian Perdesaan Swadaya (P4S)

Ngudi Ajining Tani Banjarmangu,

Menyukai Pertanian

HP 085291637379
Sumber :www.kampungwirausaha.com

Ide Bisnis Modal Kecil: Warnet CDMA, Murah Meriah dan Sederhana


Buka Usaha Warnet HANYA Rp 5 Juta……

Kampung wirausaha, ide binis, ide usaha modal kecilSiapa bilang usaha Warnet butuh MODAL BESAR??
Seorang warga kampung wirausaha telah membuktikannya. Saudara kita -Lilik TJ- telah memberikan komentar yang sangat bagus di salah satu postingan blog ini, dan kami memilih komentar ini sebagai komentar terbaik bulan ini, dan komentar yang pantas untuk diposting di sini agar lebih banyak manfaatnya. Mari kita simak penuturannya:

Numpang sharing ide….usaha warnet CDMA/GSM
Setelah membaca beberapa artikel di blog ini saya juga jadi kepingin sharing ide sama temen-teman barangkali ada manfaatnya…. (jelas bermanfaat,..itulah gunanya blog ini!-Red)

Buat temen-temen yang masih bingung mau usaha apa dengan modal yang pas-pasan seperti saya, mungkin pengalaman saya ini bisa di jadikan referensi atau apalah namanya. Oke langsung aja, ya?

Idenya sih mungkin bukan ide baru tapi gak ada salahnya di coba. Sederhana, cuman buka usaha warnet.

Mungkin anda akan berpikir, “Wah kalau buka warnet modalnya mesti gede dong! Puluhan juta paling nggak.”
Eits, tunggu dulu tidak harus puluhan juta untuk bisa buka warnet ini. Memang iya sih kalo warnet yang standar (seperti yang banyak disekitar kita, modalnya) bisa sampe puluhan bahkan ratusan juta.

Tapi saya memulai usaha warnet saya hanya dengan modal 5 juta!! Iya 5 Juta rupiah!!
Bagaimana dengan uang 5 juta bisa buka warnet?

Begini caranya:
Uang 5 juta tersebut saya belikan 4 buah komputer pentium 4 dengan mainbord baru, RAM baru, biar awet. Jadi, mesinnya baru lainya itu second semua. Monitor, casing, second semua. Trus, setiap komputer saya kasih modem CDMA.
Kenapa saya pilih modem CDMA? Karena biaya unlimited-nya paling murah dan kebetulan di tempat saya yang ada sinyalnya cuman flexy. Ada juga sih GSM, cuma kan biaya unlimited internet-nya mahal. Jadi saya pilih pake flexy dan ternyata kecepatanya juga lumayan. Bukan promosi flexy lho, tapi karena yang ada sinyalnya (di daerah saya) cuman flexy. Ya mau gak mau saya pake itu. Maklum saya hidup di daerah pedesaan ..alias wong ndeso hehehehe…..

Untuk menghemat biaya lagi, warnet saya buat lesehan. Sehingga tidak perlu biaya untuk beli meja dan kursi. Sengaja tidak saya sekat atau dinding pembatas, karena user-usernya kebanyakan anak-anak. Lebih mudah untuk mengawasi. Selain itu, saya juga menghindari penggunaan internet untuk hal-hal negatif seperti pornografi dan lainya. Karena saya pribadi ingin warnet saya -selain untuk mencari uang- juga bisa buat belajar anak-anak dan tetangga di sekitar. Sehingga, meskipun orang desa, tidak gaptek dan tidak ketinggalan informasi.

Saya juga tidak mematok tarif yang mahal. Dengan 2500 rupiah user sudah bisa mengakses internet selama 1 jam, dan alhamdulillah mulai dari saya buka bulan Juli (2010) kemarin sampe sekarang tidak pernah sepi user. Kebetulan tempat saya deket dengan sekolahan MTSN dan MAN.

Seperti kata pengarang buku The Power of Kepepet (Jaya Setyabudi), untuk memulai usaha tidak perlu menunggu kondisi yang ideal atau sempurna, yang penting kita berani memulai dan mewujudkanya. Jadi, buat temen-temen yg suka otak atik komputer mungkin ide ini bisa di coba dan semoga bermanfaat …..

Lilik TJ (email:

Siapa bilang usaha Warnet butuh MODAL BESAR??

Seorang warga kampung wirausaha telah membuktikannya. Saudara kita Lilik TJ telah memberikan komentar yang sangat bagus disalah satu postingan blog ini, dan kami memilih komentar ini sebagai komentar terbaik bulan ini, dan komentar yang pantas untuk diposting di sini agar lebih banyak manfaatnya. Mari kita simak penuturannya:

Numpang sharing ide….usaha warnet CDMA/GSM

Setelah membaca beberapa artikel di blog ini saya juga jadi kepingin sharing ide sama temen-teman barangkali ada manfaatnya…. (jelas bermanfaat,..itulah gunanya blog ini!)

Buat temen-temen yang masih bingung mau usaha apa dengan modal yang pas-pasan seperti saya, mungkin pengalaman saya ini bisa di jadikan referensi atau apalah namanya.Oke langsung aja, ya?

Idenya sih mungkin bukan ide baru tapi gak ada salahnya di coba. Sederhana, cuman buka usaha warnet. Mungkin anda akan berpikir, “Wah kalau buka warnet modalnya mesti gede dong! Puluhan juta paling nggak.”

Eits, tunggu dulu tidak harus puluhan juta untuk bisa buka warnet ini. Memang iya sih kalo warnet yang standar (seperti yang banyak disekitar kita, modalnya) bisa sampe puluhan bahkan ratusan juta. Tapi saya memulai usaha warnet saya hanya dengan modal 5 juta!! Iya 5 Juta rupiah!!

Bagaimana dengan uang 5 juta bisa buka warnet?

Begini caranya:

Uang 5 juta tersebut saya belikan 4 buah komputer pentium 4 dengan mainbord baru, RAM baru, biar awet. Jadi, mesinnya baru lainya itu second semua. Monitor, casing, second semua. Trus, setiap komputer saya kasih modem CDMA.

Kenapa saya pilih modem CDMA? Karena biaya unlimited-nya paling murah dan kebetulan di tempat saya yang ada sinyalnya cuman flexy. Ada juga sih GSM, cuma kan biaya unlimited internet-nya mahal. Jadi saya pilih pake flexy dan ternyata kecepatanya juga lumayan. Bukan promosi flexy lho, tapi karena yang ada sinyalnya (di daerah saya) cuman flexy. Ya mau gak mau saya pake itu. Maklum saya hidup di daerah pedesaan ..alias wong ndeso hehehehe…..

Untuk menghemat biaya lagi, warnet saya buat lesehan. Sehingga tidak perlu biaya untuk beli meja dan kursi. Sengaja tidak saya sekat atau dinding pembatas, karena user-usernya kebanyakan anak-anak. Lebih mudah untuk mengawasi. Selain itu, saya juga menghindari penggunaan internet untuk hal-hal negatif seperti pornografi dan lainya. Karena saya pribadi ingin warnet saya -selain untuk mencari uang- juga bisa buat belajar anak-anak dan tetangga di sekitar. Sehingga, meskipun orang desa, tidak gaptek dan tidak ketinggalan informasi.

Saya juga tidak mematok tarif yang mahal. Dengan 2500 rupiah user sudah bisa mengakses internet selama 1 jam, dan alhamdulillah mulai dari saya buka bulan Juli (2010) kemarin sampe sekarang tidak pernah sepi user. Kebetulan tempat saya deket dengan sekolahan MTSN dan MAN.

Seperti kata pengarang buku The Power of Kepepet (Jaya Setyabudi), untuk memulai usaha tidak perlu menunggu kondisi yang ideal atau sempurna, yang penting kita berani memulai dan mewujudkanya. Jadi, buat temen-temen yg suka otak atik komputer mungkin ide ini bisa di coba dan semoga bermanfaat …..

Lilik TJ (email: liliktj@live.com
Sumber :www.kampungwirausaha.com
)

Gambar diambil dari:
http://warnet88.blogspot.com/2008/12/konsep-lesehan.html